Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Delegasi Kongres AS Kunjungi Ukraina, Janjikan Dukungan Persisten untuk Kiev, Lebih Banyak Roket?

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 00:05 WIB
delegasi-kongres-as-kunjungi-ukraina-janjikan-dukungan-persisten-untuk-kiev-lebih-banyak-roket
Ilustrasi. Pasukan Ukraina menembakkan senjata recoilless SPG-9 ketika latihan tempur di wilayah Kharkiv, 19 Juli 2022. Pada Sabtu (23/7/2022), delegasi anggota senior Kongres Amerika Serikat (AS) dilaporkan mengunjungi Kiev dan menjanjikan dukungan terus-menerus untuk Ukraina. (Sumber: Evgeniy Maloletka/Associated Press)

KIEV, KOMPAS.TV - Delegasi anggota senior Kongres Amerika Serikat (AS) dilaporkan mengunjungi Kiev, Ukraina pada Sabtu (23/7/2022). Kepada Presiden Volodymyr Zelenskyy, utusan Washington berjanji akan memberi dukungan terus-menerus untuk memerangi Rusia.

Ini merupakan salah satu kunjungan terbaru pejabat Washington ke Ukraina sejak invasi diluncurkan pada 24 Februari silam. Sebelumnya, pejabat-pejabat penting AS seperti Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Jaksa Agung Merrick Garland telah mengunjungi Ukraina.

Salah satu anggota Kongres yang terlibat dalam kunjungan ke Kiev tersebut adalah Ketua Komite Angkatan Bersenjata Adam Smith.

Baca Juga: PM Hungaria Yakin Ukraina Tak Bisa Menang dari Rusia, Minta AS dan Moskow Lakukan Pembicaraan Damai

“Amerika Serikat, bersama dengan sekutu dan mitra di seluruh dunia, mendukung Ukraina dengan menyediakan bantuan ekonomi, militer dan kemanusiaan," tulis pernyataan delegasi Kongres AS dikutip Antara.

"Kami akan terus mengupayakan berbagai cara untuk mendukung Presiden Zelenskyy dan rakyat Ukraina seefektif mungkin di tengah sikap berani yang terus mereka tunjukkan," lanjut delegasi itu.

Pernyataan delegasi Kongres ini tidak merinci tentang bantuan militer ke Ukraina. Sejak perang Rusia-Ukraina meletus, AS merupakan donor senjata terbesar bagi Kiev.

Pada kesempatan terpisah, Adam Smith menyatakan bahwa Washington dan sekutu siap mengirim lebih banyak sistem peluncur roket laras banyak (MLRS) untuk mengimbangi kekuatan artileri Rusia.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin juga mengaku bahwa pihaknya akan mengirim tambahan empat Sistem Roket Artileri Bermobilitas Tinggi (HIMARS) yang canggih ke Ukraina. Apabila pengiriman ini telah selesai, maka jumlah HIMARS AS yang dimiliki militer Ukraina akan menjadi 16 unit.

Baca Juga: Pelabuhan Odessa Diserang Usai Kesepakatan, Kiev Murka: Putin Ludahi Muka Sekjen PBB dan Erdogan


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x