Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Fientje Resmi Jadi Dubes Indonesia Pertama yang Serahkan Surat Kepercayaan untuk Niue

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 02:05 WIB
dubes-fientje-resmi-jadi-dubes-indonesia-pertama-yang-serahkan-surat-kepercayaan-untuk-niue
Duta Besar Fientje Maritje Suebu menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Premier Niue, Hon. Dalton Tagelagi di Wellington, Selandia Baru, Selasa (19/7/2022). (Sumber: KBRI Wellington)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Vyara Lestari

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Duta Besar Fientje Maritje Suebu menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Premier Niue, Hon. Dalton Tagelagi di Wellington, Selandia Baru, Selasa (19/7/2022). Penyerahan Surat Kepercayaan dilaksanakan di kantor Komisi Tinggi Niue di Wellington di sela kunjungan Premier Tagelagi ke Selandia Baru.

“Saya yakin bahwa pada tahun 2022 ini akan menandai awal baru bagi hubungan kerja sama kedua negara yang kuat dan sejahtera, walaupun hubungan diplomatik Indonesia dan Niue baru terjalin pada tahun 2019 dan terbilang relatif muda, ditambah dengan pandemi Covid-19 yang telah menghalangi kita untuk menjalin hubungan dan kerja sama yang lebih dalam,” ujar Dubes Fientje kepada Premier Tagelagi pada presentasi penyerahan Surat Kepercayaan. 

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Niue, negara kepulauan di Samudera Pasifik Selatan, baru terjalin pada 12 Juli 2019, ditandai dengan penandatanganan joint communique di sela-sela acara Pacific Exposition 2019. Penandatanganan dilaksanakan oleh Menlu RI Retno Marsudi dan Premier Niue pada saat itu, Almarhum Toke Talagi.

Baca Juga: Dubes Fientje Suebu Serahkan Surat Kepercayaan kepada Raja Tonga

Pada penyerahan Surat Kepercayaan, Dubes Fientje resmi menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Niue, yang bertempat tinggal di Wellington. Dubes Fientje juga terakreditasi untuk Selandia Baru, Samoa, Kerajaan Tonga dan Kepulauan Cook.

Dubes Fientje menyampaikan beberapa amanat Presiden Joko Widodo untuk terus memperkuat kerja sama dan persahabatan kedua negara di beberapa sektor, antara lain sektor perdagangan, pariwisata, sosial budaya, saling mendukung dan bekerja sama di forum regional dan internasional, termasuk di Forum Kepulauan Pasifik (PIF).


Selain itu, Dubes Fientje juga menyatakan kesediaan Pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan pengembangan teknis yang sesuai dengan perlindungan lingkungan dan mitigasi perubahan iklim yang dibutuhkan di Niue.

Dubes Fientje juga menekankan pentingnya terus menjalin kerja sama dengan Niue sembari mendukung integritas wilayah dan kedaulatan negara masing-masing. Kerja sama juga dilakukan di bidang ekonomi, dukungan untuk dapat saling bangkit dari pandemi Covid-19, serta kerja sama di bidang sosial budaya. Ini mengingat kedekatan hubungan antara masyarakat Indonesia dan Niue yang merupakan rumah terbesar bagi masyarakat Melanesia dan Polinesia.

Baca Juga: Serahkan Surat Kepercayaan, Fientje Suebu Resmi Menjabat Sebagai Dubes RI Untuk Selandia Baru

Pada kesempatan yang sama, Premier Niue menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi oleh Niue, terutama terkait dampak perubahan iklim dan pandemi Covid-19. Premier Niue membahas lebih lanjut kemungkinan tempat untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi dengan Indonesia, termasuk melalui kemitraan dan bantuan teknis.

Niue merupakan negara dengan pemerintahan sendiri yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi parlementer dan berstatus asosiasi bebas dengan Selandia Baru sejak 19 Oktober 1974. Niue dipimpin oleh Hon. Dalton Tagelagi sebagai Premier dan merangkap sebagai Menteri Luar Negeri Niue.

Pada akhir pertemuan, Dubes Fientje menyampaikan harapan agar penyerahan Surat Kepercayaan tersebut akan menjadi awal baru bagi hubungan kedua negara yang lebih erat, lebih kuat dan lebih sejahtera, serta meminta dukungan dari Premier Tagelagi dan pemerintah Niue untuk keberhasilan pemenuhan masa jabatannya.
 



Sumber : KBRI Wellington


BERITA LAINNYA



Close Ads x