Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap! Kerasnya Respons Putra Mahkota Arab Saudi atas Tudingan Biden soal Pembunuhan Khashoggi

Kompas.tv - 18 Juli 2022, 07:05 WIB
terungkap-kerasnya-respons-putra-mahkota-arab-saudi-atas-tudingan-biden-soal-pembunuhan-khashoggi
Presiden AS Joe Biden berkunjung ke Arab Saudi dan bertemu Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada Sabtu (16/7/2022). Menteria Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengungkap respons keras sang putra mahkota atas tudingan Biden tentang pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

JEDDAH, KOMPAS.TV - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) memberi penegasan tajam kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tentang perlunya saling menghormati dan menghargai nilai-nilai inti masing-masing.

Demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan saat mengungkap secara lengkap isi pembicaraan MBS dengan Biden.

Seperti dilaporkan Arab News, Minggu (17/7/2022), Pangeran Farhan menanggapi pertanyaan dari Arab News pada konferensi pers di Jeddah tentang percakapan antara Biden dan putra mahkota.

Biden menggambarkan pembunuhan jurnalis dan penulis Saudi, Jamal Khashoggi, sebagai hal yang menjijikkan.

Menurut Pangeran Farhan, MBS menanggapi pernyataan Biden tentang urusan Khashoggi dengan cukup tegas, dengan mengatakan bahwa “kejahatan ini, meskipun disayangkan dan menjijikkan, adalah sesuatu yang dianggap sangat serius oleh Kerajaan (Arab Saudi), dan ditindaklanjuti dengan cara yang sepadan dengan tindakannya berangkat dari posisi sebagai negara yang bertanggung jawab.”

Pangeran Farhan menambahkan, putra mahkota memberi tahu Biden bahwa “kesalahan ini terjadi di negara mana pun, termasuk AS.”

Menurut Pangeran Farhan, MBS menunjukkan bahwa AS membuat kesalahannya sendiri “dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab dan mengatasi kesalahan tersebut. Kerajaan berperilaku sebagai negara yang bertanggung jawab dan mengambil tindakan yang diperlukan.”

Putra mahkota merujuk pada perbuatan AS dan pelanggaran hak asasi manusia di penjara Abu Ghraib di Irak serta serangan pesawat tak berawak 2021 di Afghanistan yang memusnahkan seluruh keluarga.

Baca Juga: Balasan Menohok Putra Mahkota Arab Saudi ke Biden atas Jamal Khashoggi: AS Juga Buat Kesalahan HAM


MBS mengatakan AS menunjukkan secara historis apa yang dianggapnya sebagai tindakan bertanggung jawab, dan Kerajaan melakukan hal yang persis sama.

Menguraikan apa yang sebenarnya terjadi antara putra mahkota dan Biden, Pangeran Farhan mengatakan bahwa ada juga diskusi tentang nilai-nilai.

Putra mahkota menunjukkan kepada Biden bahwa penghormatan terhadap hak asasi manusia adalah “nilai inti bagi Kerajaan berdasarkan keyakinan Islam kami dan warisan Arab kami.”

Pangeran Farhan mengatakan bahwa putra mahkota memberi tahu Biden, “sangat penting bahwa nilai-nilai disebarkan melalui dialog. Mencoba memaksakan nilai Anda pada orang lain tidak akan efektif.

"Ini akan memberi Anda reaksi negatif. Cara yang tepat untuk mencoba mengedepankan nilai-nilai Anda adalah dengan menunjukkan kepada dunia bahwa Anda mematuhi nilai-nilai itu terlebih dahulu," demikian ucapan tajam putra mahkota seperti diungkapkan Menlu Arab Saudi.

“Dan kemudian jika nilai-nilai Anda valid dan dapat diterima dunia, mereka akan diadopsi. Anda tidak dapat memaksakan nilai-nilai Anda dengan paksa, dan Anda harus memahami bahwa pada akhirnya kami memiliki nilai-nilai kami sendiri."

"Nilai-nilai itu tidak akan selaras 100 persen dengan nilai-nilai AS karena kami sangat, sangat bangga dengan tradisi kami sendiri, nilai kami sendiri, keyakinan kami sendiri. Setiap negara ingin melindungi sistemnya sendiri, nilai-nilainya sendiri,” kata Pangeran Farhan menirukan ucapan MBS kepada Biden.


Baca Juga: Tentang Pembunuhan Khashoggi, Arab Saudi Minta AS Tidak Paksakan Nilai-Nilai ke Negara Lain

Presiden AS Joe Biden dan jajaran bertemu Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS) dan jajaran, banyak dilihat sebagai pengakuan atas otoritas MBS di Arab Saudi. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)


Sumber : Kompas TV/Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x