Kompas TV internasional kompas dunia

IMF Puji Indonesia Tahan Banting, Sarankan Dua Hal Hadapi Pasca Pandemi dan Konflik Geopolitik

Kompas.tv - 17 Juli 2022, 21:35 WIB
imf-puji-indonesia-tahan-banting-sarankan-dua-hal-hadapi-pasca-pandemi-dan-konflik-geopolitik
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, tengah, bersama Menteri BUMN Erik Thohir dan Menparekraf Sandiaga Uno. Georgieva menyarankan dua kebijakan untuk melindungi Indonesia dari dampak eksternal pandemi maupun geopolitik. (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional IMF Kristalina Georgieva hari Minggu, (17/7/2022) menilai kemajuan luar biasa dalam reformasi selama beberapa tahun terakhir membuat Indonesia lebih tahan terhadap guncangan.

Seperti dikutip Antara, Kristalina Georgieva mengatakan, "Ketika Covid-19 melanda, kekuatan fundamental makro Indonesia berhasil mencegah penurunan yang signifikan, ada penurunan output ekonomi tetapi tidak sedalam di banyak negara lain."

Pernyataan Georgieva disampaikan saat mengunjungi Sarinah bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Jakarta, hari Minggu.

Georgieva menyampaikan sangat penting untuk mencegah peningkatan kemiskinan dengan menargetkan bantuan sosial di tempat yang paling dibutuhkan.

Meski dunia menghadapi dampak kondisi geopolitik akibat perang Rusia-Ukraina, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia masih tergolong kuat di atas angka 5 persen dengan nilai inflasi yang relatif rendah sekitar 4 persen.

Ia menyampaikan ada dua kebijakan yang penting untuk dilakukan guna melindungi Indonesia dari dampak eksternal akibat pandemi maupun geopolitik.

Pertama, kebijakan fiskal harus terus berfokus pada bantuan yang tepat sasaran, bukan untuk memberikan subsidi kepada semua orang, termasuk orang kaya, tetapi untuk menargetkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Georgieva, jika kebijakan fiskal menghabiskan terlalu banyak anggaran, hal itu dapat mendorong inflasi naik yang bisa menjadi masalah bagi kebijakan moneter.

Baca Juga: [FULL] Sri Mulyani soal Isi Pertemuan Jokowi dengan IMF, dari G20 hingga Kinerja Ekonomi Indonesia

Langkah kedua, selama krisis akibat pandemi Bank Indonesia (BI) telah memberikan beberapa dukungan moneter bekerja sama dengan pemerintah yang akan selesai akhir tahun 2022.

"Kami sangat menyarankan agar keputusan ini dihormati untuk melindungi ekonomi dari guncangan," kata Georgieva.

Petinggi IMF itu mengunjungi Indonesia dalam rangka menghadiri pertemuan dengan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20, yang salah satu topik pembahasan mengenai tantangan ekonomi dunia.

Selain menghadiri pertemuan G20, Georgieva juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbincang tentang strategi memperkuat ekonomi Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uni menyampaikan agenda IMF datang ke Indonesia sekarang berbeda dengan 25 tahun lalu, sesaat sebelum krisis moneter, dimana Indonesia menghadapi situasi yang betul-betul memprihatinkan dan IMF hadir dengan beberapa program kebijakan.

"Kalau kita bandingkan dengan sekarang, mereka datang bukan dengan program kebijakan justru ingin belajar tentang apa yang telah kita lakukan," kata Sandiaga Uno.

"Indonesia sudah dianggap ada dalam suatu pembangunan yang betul-betul membuka peluang usaha terutama kepada UMKM dan lapangan kerja. Kebijakan kita membantu masyarakat yang membutuhkan sangat diapresiasi (IMF)," pungkas dia.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x