Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaksanaan Haji 2022 Sukses Besar, Raja Salman Bagikan 1 Juta Al-Qur'an kepada Seluruh Jemaah Haji

Kompas.tv - 12 Juli 2022, 14:54 WIB
pelaksanaan-haji-2022-sukses-besar-raja-salman-bagikan-1-juta-al-qur-an-kepada-seluruh-jemaah-haji
Pemimpin Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud (Sumber: AP)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

MAKKAH, KOMPAS.TV – Penjaga Dua Masjid Suci Umat Islam, Salman bin Abdulaziz al-Saud atau dikenal dengan nama Raja Salman, membagikan bingkisan berupa Al-Qur'an kepada jemaah haji dari seluruh dunia. 

Otoritas Arab Saudi sendiri memaparkan, pelaksanaan haji 2022 sukses besar. 

Proses ibadah haji sudah selesai pada hari ini, Selasa (12/7/2022), atau bertepatan dengan hari terakhir Tasyrik, yakni 13 Zulhijah 1443 Hijriah. 

Dilansir dari Saudi Gazette, Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi pun mulai membagikan bingkisan Al-Qur’an itu mulai Senin (11/7/2022) waktu setempat kepada para jemaah.

Secara total, jumlah Al-Qur’an yang didistribusikan sebanyak satu juta kopi.


Al-Qur’an ini sebagai hadiah dari Raja Salman untuk para jemaah haji yang berangkat secara resmi melalui Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah maupun lewat jalur lainnya.

Bingkisan tersebut juga akan diserahkan kepada aparatur pemerintah yang ikut melaksanakan tugas haji tahun ini.

Dalam pengumumannya, kementerian tersebut mengatakan, hadiah itu diberikan sebagai implementasi perintah Kerajaan Saudi untuk terus memelihara kitab suci agama Islam tersebut. 

Alquran yang dibagikan ke jemaah haji di seluruh dunia, dari Raja Salman. Haji 2022 juga sukses berat (Sumber: SPA)

Al-Qur’an itu sendiri diterbitkan oleh Kompleks Percetakan Qur'an Raja Fahd yang berbasis di Madinah, Arab Saudi.

Kompleks itu merupakan kompleks percetakan Al-Qur'an terbesar di dunia dan telah menerbitkan Al-Qur'an dalam 76 bahasa internasional.

Baca Juga: Otoritas Arab Saudi Keluarkan 128 Ribu Ton Sampah Selama Proses Haji 2022

Haji Sukses Besar

Sementara itu, Pangeran Khaled Al-Faisal, emir Makkah dan penasihat Penjaga Dua Masjid Suci, mengumumkan pada Senin waktu setempat bahwa pelaksanaan haji tahun ini sukses besar.

“Saya senang mengumumkan, haji tahun ini sukses. Mulai dari semua tingkat seperti keamanan, layanan dan kesehatan, tanpa adanya kecelakaan atau penyakit epidemi di antara para tamu Allah,” katanya dikutip dari Saudi Press Agency.

Secara khusus, ia menyebut nama Raja Salman dan putranya, Mohammed bin Salman, sebagai sosok di balik kesuksesan pelaksanaan haji tahun ini. 

"Atas nama seluruh personel yang melayani jemaah haji dan atas nama saya sendiri, saya mengucapkan selamat kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman atas keberhasilan pertemuan Islam (haji) yang agung ini," katanya.



Sumber : Saudi Gazette


BERITA LAINNYA



Close Ads x