Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

PBB: Ukraina Bersalah Jadikan Panti Jompo Perisai Hidup Hadapi Rusia, 56 dari 71 Lansia Tewas

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 19:24 WIB
pbb-ukraina-bersalah-jadikan-panti-jompo-perisai-hidup-hadapi-rusia-56-dari-71-lansia-tewas
Laporan HAM PBB menemukan Ukraina bertanggung jawab atas tewasnya 56 ora g di panti jompo Stara Krasnyanka akibat jadi perisai manusia hadapi serangan Rusia. (Sumber: AP Photo/Maxar Technologies)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Dua minggu setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, pemberontak yang didukung Kremlin menyerang sebuah panti jompo di wilayah timur Luhansk.

Puluhan warga Ukraina lanjut usia dan penyandang cacat, banyak dari mereka terbaring di tempat tidur, terperangkap di dalam tanpa air atau listrik dan kemudian tewas akibat serangan Rusia.

Pasalnya, pasukan Ukraina menggunakan panti jompo sebagai basis serangan terhadap pasukan Rusia, yang dibalas bombardir senjata berat. 

Serangan 11 Maret lalu memicu kebakaran yang menyebar ke seluruh fasilitas, mencekik orang-orang lanjut usia di mana banyak yang memang sudah tidak bisa bergerak mandiri.

Sejumlah kecil pasien dan staf melarikan diri ke hutan terdekat, akhirnya mendapatkan bantuan setelah berjalan sejauh 5 kilometer.

Dalam perang yang penuh dengan kekejaman, serangan terhadap panti jompo di dekat desa Stara Krasnyanka menonjol karena kekejamannya.

Baca Juga: Rusia Ledek Usaha Inggris Bebaskan Prajuritnya yang Ditahan di Ukraina, Dianggap Tak Serius

Panti jompo setelah diserang Rusia. Laporan HAM PBB menemukan Ukraina bertanggung jawab atas tewasnya 56 ora g di panti jompo Stara Krasnyanka akibat jadi perisai manusia hadapi serangan Rusia. (Sumber: AP Photo/Maxar Technologies)

Pihak berwenang Ukraina usai serangan langsung menempatkan kesalahan tepat pada pasukan Rusia, menuduh mereka membunuh lebih dari 50 warga sipil yang rentan dalam serangan brutal dan tidak beralasan.

Tetapi sebuah laporan baru Perserikatan Bangsa-Bangsa menemukan angkatan bersenjata Ukraina menanggung sebagian besar kesalahan, dan mungkin sama, atas apa yang terjadi di Stara Krasnyanka, yang berjarak sekitar 580 kilometer tenggara Kiev.

Beberapa hari sebelum serangan, tentara Ukraina mengambil posisi di dalam panti jompo, secara efektif menjadikan gedung itu sebagai sasaran tembak pasukan Rusia yang menganggap lokasi tersebut sasaran militer yang sah.

Setidaknya 22 dari 71 pasien selamat dari serangan itu, tetapi jumlah pasti orang yang tewas masih belum diketahui, menurut laporan PBB.

Laporan Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB tidak menyimpulkan tentara Ukraina atau pejuang separatis yang didukung Moskow melakukan kejahatan perang.

Namun dikatakan pertempuran di panti jompo Stara Krasnyanka adalah simbol dari keprihatinan kantor hak asasi manusia atas potensi penggunaan "perisai manusia" untuk mencegah operasi militer di daerah-daerah tertentu.

Baca Juga: Rusia Ledek Usaha Inggris Bebaskan Prajuritnya yang Ditahan di Ukraina, Dianggap Tak Serius

Ilustrasi. Petugas mengangkut jenazah yang ditemukan di Bucha, Oblast Kiev, Ukraina ke truk untuk diperiksa di kamar mayat, Selasa (12/4/2022). (Sumber: Rodrigo Abd/Associated Press)

Pasca serangan di rumah Stara Krasnyanka juga memberikan gambaran tentang bagaimana Rusia dan Ukraina bergerak cepat untuk mengatur narasi tentang bagaimana peristiwa berlangsung di lapangan, ketika peristiwa itu mungkin masih diselimuti oleh kabut perang.

Bagi Ukraina, mempertahankan keunggulan dalam memperebutkan hati dan pikiran membantu memastikan aliran miliaran dolar yang berkelanjutan dalam bantuan militer dan kemanusiaan Barat.

Penembakan Rusia yang sering membabi buta terhadap gedung apartemen, rumah sakit, sekolah dan teater menjadi penyebab utama dari ribuan korban sipil perang.

Ukraina dan sekutunya, termasuk Amerika Serikat, mencaci Moskow atas kematian dan cedera dan menyerukan mereka yang bertanggung jawab untuk diadili.

Tapi Ukraina juga harus mematuhi aturan internasional di medan perang.

David Crane, mantan pejabat Departemen Pertahanan AS dan veteran berbagai investigasi kejahatan perang internasional, mengatakan pasukan Ukraina mungkin melanggar hukum konflik bersenjata dengan tidak mengevakuasi penghuni dan staf panti jompo.

Baca Juga: Bikin Bergidik, Putin Berkata ke Ukraina: Militer Rusia Baru Mulai dan Sejauh Ini Belum Seberapa

Reruntuhan kota Lysychansk pada,Minggu (3/7/2022). Ukraina akhirnya mengakui Rusia telah menduduki benteng pertahanan terakhir Ukraina di Luhansk. (Sumber: Luhansk region military administration via AP)

"Aturan dasarnya adalah warga sipil tidak dapat dengan sengaja menjadi sasaran. Titik. Untuk alasan apa pun," kata Crane.

"Ukraina menempatkan orang-orang itu dalam situasi yang merupakan zona pembunuhan. Dan Anda tidak bisa melakukan itu," tegas Crane.

The Associated Press dan seri PBS "Frontline," yang diambil dari berbagai sumber, secara independen mendokumentasikan ratusan serangan di seluruh Ukraina yang kemungkinan merupakan kejahatan perang.

Sebagian besar tampaknya dilakukan Rusia. Tetapi segelintir orang, termasuk penghancuran rumah perawatan Stara Krasnyanka, mengindikasikan para pejuang Ukraina juga harus disalahkan.

Laporan pertama di media tentang panti jompo Stara Krasnyanka sebagian besar mencerminkan pernyataan yang dikeluarkan oleh pejabat Ukraina lebih dari seminggu setelah pertempuran berakhir.

Serhiy Haidai, gubernur Luhansk, menyatakan dalam sebuah posting 20 Maret ke akun Telegram-nya bahwa 56 orang dibunuh "secara sinis dan sengaja" oleh "penjajah Rusia" yang "menembak dari jarak dekat dari sebuah tank."

Baca Juga: Pertemuan Menlu G20 Dimulai di Bali, Perpecahan Soal Ukraina Mengadang, Kepiawaian Indonesia Diuji

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu melapor ke Presiden Vladimir Putin bahwa semua wilayah Luhansk atau Lugansk Ukraina telah dikuasai sepenuhnya, atau dibebaskan oleh pasukan Rusia dan pasukan Republik Lugansk yang memisahkan diri dari Ukraina. (Sumber: Straits Times)

Kantor jaksa agung Ukraina, Iryna Venediktova, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari yang sama, 56 orang lanjut usia meninggal karena "tindakan berbahaya" pasukan Rusia dan sekutu mereka.

Tidak ada pernyataan yang menyebutkan atau mengakui apakah tentara Ukraina memasuki atau berada di panti jompo tersebut sebelum pertempuran dimulai.

Pemerintah daerah Luhansk, yang dipimpin Haidai, tidak menanggapi permintaan komentar.

Kantor kejaksaan Ukraina mengatakan kepada AP pada hari Jumat bahwa divisi Luhansk terus menyelidiki "penembakan tanpa pandang bulu dan pemindahan paksa orang" dari panti jompo.

Sekitar 50 pasien tewas dalam serangan itu, kata kantor itu, lebih sedikit dari yang dinyatakan pada Maret.

Kantor kejaksaan tidak secara langsung menanggapi laporan PBB, tetapi mengatakan juga sedang menyelidiki apakah pasukan Ukraina berada di rumah tersebut.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x