Kompas TV internasional kompas dunia

Shinzo Abe Dimakamkan di Kampung Halaman 12 Juli, Warga Jepang Kenang Sosoknya yang Menyenangkan

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 19:33 WIB
shinzo-abe-dimakamkan-di-kampung-halaman-12-juli-warga-jepang-kenang-sosoknya-yang-menyenangkan
Wartawan NHK Sigit Purnomo saat menjelaskan perkembangan penembakan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, saat dihubungi KOMPAS TV di program KOMPAS PETANG, Sabtu (9/7/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya di Yamaguchi.

Sabtu siang waktu setempat (9/7/2022), jenazah telah dijemput dari rumah sakit di Tokyo, ke rumah duka di Shibuya, Tokyo.

Jenazah akan disemayamkan di rumah duka hingga pemakaman yang rencananya dilakukan pada Selasa (12/7).

Baca Juga: Tertangkap Kamera! Gerak-gerik Pelaku Sebelum Tembak Shinzo Abe dari Belakang

Kepada KOMPAS TV, wartawan NHK Sigit Purnomo menyatakan, proses pemakaman nantinya akan digelar dalam dua sesi.

Sesi pertama berupa semacam upacara tradisi pelepasan, pada Senin (11/7). Menurut Sigit, biasanya tradisi pelepasan jenazah akan diikuti oleh orang-orang terdekat. 

Sehari kemudian pada Selasa (12/7), upacara pemakaman kenegaraan akan dilakukan di kampung halaman Shinzo Abe di Yamaguchi.

Terkait investigasi pelaku penembakan, Sigit menyatakan, kepolisian masih mendalami motif pelaku. Hasil pemeriksaan sementara mengungkap, pelaku mengaku tidak memiliki dendam terhadap Shinzo Abe.

Aksi pembunuhan itu dilatarbelakangi rasa tidak suka terhadap organisasi keagamaan tertentu. Ini dikarenakan sosok Abe merupakan tokoh yang berpengaruh di organisasi keagamaan tersebut. Hingga, aksi pembunuhan pun menyasar Abe.

Baca Juga: Pembunuh Shinzo Abe Dendam dengan Suatu Organisasi, Mengira Eks PM Jepang Itu Anggotanya

"Tetapi ini masih terus ditelusuri, karena dari sumber kepolisian, pelaku selalu beri jawaban berbeda-beda," ujar Sigit saat dihubungi di program KOMPAS PETANG, Sabtu (7/9/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x