Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Balik Mengerjai AS dan Inggris, Ganti Nama Jalan di Sekitar Kedubes Kedua Negara di Moskow

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 06:05 WIB
rusia-balik-mengerjai-as-dan-inggris-ganti-nama-jalan-di-sekitar-kedubes-kedua-negara-di-moskow
Papan nama jalan Lapangan Republik Rakyat Luhansk dipasang di luar Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Moskow, Rusia, Jumat, 8 Juli 2022. (Sumber: Alexander Avilov, Moscow News Agency photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Moskow mengikuti buku pedoman Washington untuk balas menjahili Amerika Serikat dan Inggris dengan mengganti nama jalan-jalan di depan kedutaan besar (kedubes) kedua negara tersebut di ibu kota Rusia, seperti dilaporkan Associated Press, Sabtu (9/7/2022).

Jalan-jalan di seputar Kedubes AS dan Inggris sekarang secara resmi dinamai dengan nama dua wilayah separatis di Ukraina timur di mana pertempuran saat ini menjadi yang paling sengit.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui kemerdekaan mereka pada Februari sebelum mengirim pasukan untuk "membebaskan" mereka dari Ukraina.

AS dan Inggris belum mengakui "republik rakyat" Donetsk dan Luhansk, tetapi pejabat Moskow mengatakan mereka setidaknya harus mengakui alamat baru jika mereka ingin menerima surat mereka.

Sebuah tanda dipasang pada Jumat (8/7/2022) yang menampilkan nama baru jalan di depan Kedubes Inggris yang berganti menjadi Lapangan Republik Rakyat Luhansk.


Baca Juga: Bikin Bergidik, Putin Berkata ke Ukraina: Militer Rusia Baru Mulai dan Sejauh Ini Belum Seberapa

Papan nama jalan Lapangan Republik Rakyat Luhansk dipasang di luar Kedubes Inggris di Moskow, Rusia, Jumat, 8 Juli 2022 (Sumber: Alexander Avilov, Moscow News Agency photo via AP)

Kedubes AS di Moskow sejak bulan lalu telah berlokasi di jalan bernama Lapangan Republik Rakyat Donetsk.

AS, bagaimanapun, telah memainkan cara ini jauh lebih dulu. Pada 1980-an, bagian 16th St. di luar Kedubes Soviet di Washington secara simbolis berganti nama menjadi Andrei Sakharov Plaza, untuk menghormati fisikawan nuklir dan aktivis hak asasi manusia terkemuka serta pembangkang Soviet.

Sejak 2018, bagian Wisconsin Avenue di depan Kedubes Rusia yang baru secara simbolis disebut Boris Nemtsov Plaza.

Nemtsov, seorang pemimpin oposisi Rusia yang memimpin protes anti-Putin dan bekerja untuk mengungkap korupsi pejabat, ditembak mati di dekat Kremlin pada 2015.

Sementara Kedubes Rusia di London, setidaknya untuk saat ini, alamatnya lebih sopan yaitu di Kensington Palace Gardens.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x