Kompas TV internasional kompas dunia

Rudal Hipersonik Amerika Serikat Gagal Uji Coba di Hawaii

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 15:52 WIB
rudal-hipersonik-amerika-serikat-gagal-uji-coba-di-hawaii
Rudal Hypersonic Air-breathing Weapons Concept (HAWC) (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat gagal lakukan uji terbang sistem rudal hipersonik di Hawaii akibat masalah yang terjadi setelah rudal itu memulai penerbangan, kata Departemen Pertahanan AS Pentagon, seperti laporan Bloomberg, Kamis, (30/6/2022).

Kegagalan uji terbang itu memberikan pukulan baru pada Amerika Serikat yang ketinggalan dalam senjata rudal hipersonik dari Rusia dan China.

Pentagon tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang apa yang terjadi dalam tes hari Rabu (29/6/2022), tetapi menyatakan, "Departemen tetap yakin tetap di jalur senjata lapangan ofensif dan pertahanan hipersonik yang dimulai awal 2020-an".

"Sebuah anomali terjadi setelah pengapian rudal uji," kata juru bicara Pentagon Tim Gorman, "Pejabat program telah mulai mengkaji untuk menentukan penyebab dan menjadi masukan uji di masa depan," katanya.

"Sementara Departemen tidak dapat mengumpulkan data secara keseluruhan dari profil penerbangan yang direncanakan, informasi yang dikumpulkan dari uji kali ini akan memberikan wawasan penting."

Uji coba tersebut menandai uji terbang kedua yang gagal dari senjata prototipe yang dikenal sebagai Conventional Prompt Strike.

Baca Juga: Rusia Uji Coba Rudal Hipersonik Tsirkon, Senjata Baru Berkecepatan Suara Berdaya Jelajah 1.000 Km

Rudal ARRW Hipersonik tercantol di pengebom B-52H. AS hari Senin (16/5/2022) mengumumkan berhasil uji coba senjata hipersonik, yang terbang lima kali kecepatan suara dan diluncurkan dari Jet Pengebom B-52H (Sumber: Straits Times/US Air Force)

Ada kegagalan booster dalam uji terbang pertamanya pada bulan Oktober, yang membuat rudal gagal meninggalkan landasan peluncuran.

Senjata Conventional Prompt Strike direncanakan akan dipasang di kapal perusak Zumwalt dan kapal selam kelas Virginia.



Sumber : Kompas TV/Bloomberg/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x