Kompas TV internasional kompas dunia

Ikan Pari Air Tawar yang ditemukan di Kamboja Terbesar dan Terberat di Dunia

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 12:07 WIB
ikan-pari-air-tawar-yang-ditemukan-di-kamboja-terbesar-dan-terberat-di-dunia
Ikan pari terbesar yang ditangkap di sungai Mekong, sepanjang 4 meter dan seberat hampir 300kg. (Sumber: AP Photo/Chhut Chheanna via Wonders of Mekong)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BANGKOK, KOMPAS.TV — Warga Kamboja menangkap ikan air tawar terbesar di dunia, ikan pari raksasa, ditangkap di Sungai Mekong di Kamboja, menurut ilmuwan dari Asia Tenggara dan Amerika Serikat, seperti dilansir Associated Press, Selasa, (21 /6/2022)

Ikan pari, yang ditangkap pada 13 Juni itu berukuran hampir 4 meter dari moncong ke ekor dan beratnya sedikit di bawah 300 kilogram, menurut pernyataan hari Senin oleh Wonders of the Mekong, sebuah proyek penelitian gabungan Kamboja - Amerika Serikat

Rekor sebelumnya untuk ikan air tawar adalah ikan lele raksasa Mekong seberat 293 kilogram, ditemukan di Thailand pada 2005, kata kelompok itu.

Ikan pari itu ditangkap oleh seorang nelayan lokal di selatan Stung Treng di timur laut Kamboja.

Nelayan itu langsung memberi tahu tim ilmuwan terdekat dari proyek Penelitian Mekong, yang mempublikasikan pekerjaan konservasinya di masyarakat di sepanjang sungai.

Para ilmuwan tiba hanya dalam beberapa jam setelah menerima telepon tengah malam buta dengan berita tersebut, dan kagum dengan apa yang mereka lihat.

"Ya, ketika Anda melihat ikan seukuran ini, terutama di air tawar, sulit untuk dipahami, jadi saya pikir semua tim kami tercengang," kata pemimpin peneliti di lapangan, Zeb Hogan, dalam sebuah wawancara online dari University of Nevada di Reno.

Baca Juga: Sungai Mekong di Thailand Berubah Warna Menjadi Indigo. Pertanda Apa Ini?

Ikan pari air tawar terbesar dunia yang ditangkap di Kamboja, sepanjang 4 meter dan seberat hampir 300kg (Sumber: AP Photo/Chhut Chheana via Mekong Wonders)

Universitas tersebut bermitra dengan Administrasi Perikanan Kamboja dan USAID, badan pembangunan internasional pemerintah AS.

Ikan air tawar didefinisikan sebagai ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar, berbeda dengan spesies laut raksasa seperti tuna sirip biru dan marlin, atau ikan yang bermigrasi antara air tawar dan air asin seperti sturgeon beluga besar.

Penangkapan ikan pari bukan hanya tentang membuat rekor baru, katanya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x