Kompas TV internasional ekslusif dari swiss

Aturan Berenang di Sungai Aare, Tempat Tenggelamnya Eril Anak Ridwan Kamil

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 10:46 WIB
aturan-berenang-di-sungai-aare-tempat-tenggelamnya-eril-anak-ridwan-kamil
Sungai Aare di Bern, Swiss (Sumber: Bern.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Organisasi penyelamatan Swiss, Schweizerischen Lebensrettungs-Gesellschaft atau SLRG, menjelaskan sejumlah peraturan bagi orang-orang yang beraktivitas di Sungai Aare, Bern.

Dua di antara peraturan tersebut menjelaskan tentang aturan dan saran bagi pengunjung yang ingin berenang di Sungai Aare.

Pertama, hanya perenang andal dan berpengalaman yang boleh berenang di perairan terbuka di Swiss.

SLRG menyarankan orang yang tidak mahir berenang atau tidak berpengalaman berenang di Sungai Aare atau perairan terbuka lainnya agar didampingi oleh pengawas yang terlatih.

Selain itu, SLRG juga menyarankan kepada pengunjung untuk mengumpulkan atau mendengarkan saran dari orang-orang yang terbiasa dengan area sungai, misalnya polisi, nelayan, layanan-layanan penyelamat, dan sebagainya.

Sungai Aare merupakan lokasi hilangnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Eril dikabarkan hilang terseret arus Sungai Aare pada Kamis, 26 Mei 2022.

Menurut keterangan juru bicara keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, Eril bisa berenang dan memiliki sertifikat menyelam.

"Kalau dari sisi kesiapan, Eril ini termasuk pemuda yang rajin olahraga, beliau bisa berenang, kemudian beliau juga punya sertifikat diving (menyelam), jadi punya kemampuan menilai dan mengukur arus," terangnya dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 28 Mei 2022.

Baca Juga: Hari ke-4 Pencarian Putra Ridwan Kamil: Eril Punya Sertifikat Menyelam, Diduga Hanyut karena Ini

Kedua, SLRG menyarankan agar pengunjung tidak berlama-lama berada di dalam sungai karena suhu air yang dingin bisa menyebabkan hipotermia dan berujung pada kram otot.

Berdasarkan situs resmi SLRG, rata-rata suhu air di sungai, danau, maupun area terbuka lainnya di Swiss kurang dari 14 derajat Celcius dalam tujuh bulan.

Dalam lima dari tujuh bulan tersebut, suhu air bahkan bisa lebih dingin, mencapai kurang dari 8 derajat Celcius.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x