Kompas TV internasional ekslusif dari swiss

Hari Kelima Pencarian Eril, Wali Kota Bern Janjikan Pencarian Intensif kepada Ridwan Kamil

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 06:10 WIB
hari-kelima-pencarian-eril-wali-kota-bern-janjikan-pencarian-intensif-kepada-ridwan-kamil
Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman D Hadad saat menyampaikan keterangan mengenai proses pencarian putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Bern, Swiss, Senin (30/5/2022). (Sumber: Rieska Wulandari/Kompas TV)

BERN, KOMPAS.TV - Upaya pencarian Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss memasuki hari kelima pada Senin (30/5/2022). Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman D Hadad menyebut pencarian Eril diintensifkan mulai hari ini.

Selain itu, Muliaman menyampaikan, Wali Kota Bern Alec von Graffenried mengunjungi Ridwan Kamil untuk bersimpati. Ridwan Kamil sendiri langsung bertolak ke Swiss usai mendengar kabar bahwa Eril hanyut pada Kamis (26/5/2022) lalu.

“Wali Kota Bern menyampaikan rasa simpatinya dan ikut mengucapkan dukungan dan support untuk Ridwan Kamil dan keluarga agar tetap tabah. Beliau berjanji akan meneruskan pencarian secara intensif,” kata Muliaman yang mendampingi pertemuan tersebut.

Muliaman menambahkan, otoritas Swiss mendukung dengan “sangat baik” upaya pencarian Eril selama ini.

“Sangat melegakan bagi kita. Mudah-mudahan ini hasilnya akan sesuai dengan harapan kita,” tuturnya.

Baca Juga: Menjaga Asa dalam Pencarian Eril, Ridwan Kamil: Terima Kasih Semua yang Sudah Ikhlas Mendoakan

Hingga berita ini diturunkan, belum ada titik terang mengenai keberadaan Eril di Sungai Aare. Upaya pencariannya terus dilanjutkan per Senin (30/5) dan Selasa (31/5).

Muliaman menyebut kepolisian Swiss berjanji akan mengintensifkan pencarian Eril. Ia menyebut tim pencari melakukan berbagai upaya, termasuk mengerahkan tim penyelam dan drone.

“Hari ini (pencarian) lebih diintensifkan karena melibatkan unit SAR yang lebih banyak. Menurut keterangan polisi kepada kami, mereka mengatakan (pencarian) hari ini akan lebih intensif,” kata Muliaman.

“Besok hari keenam (Selasa) diperkirakan mungkin akan ada perkembangan yang kita harapkan karena mungkin juga masyarakat semakin banyak terlibat di dalamnya (pencarian Eril),” lanjutnya.

Menurut Mualiman, ketika pencarian pada Senin (30/5), suhu Sungai Aare relatif lebih dingin hingga sekitar 15 derajat Celsius. Namun, kecepatan arus air berkurang menjadi 125 kilometer per sekon.

Kata dia, ketika Eril hanyut pada Kamis (26/5) lalu, kecepatan arus ari Sungai Aare mencapai hampir 200 meter kubik per sekon.

Sementara itu, pada hari kelima pencarian, Ridwan Kamil mengunggah video yang berisi permintaan doa sekaligus terima kasih atas kepedulian masyarakat.

"Mohon doanya, pencarian ananda Eril masih terus dilakukan. Semoga Allah SWT memudahkan ikhtiar ini. Aamiin YRA," demikian bunyi tulisan dalam unggahan Ridwan Kamil.

"Dan terima kasih dari kami sekeluarga kepada semua yang sudah ikhlas mendoakan dan melaksanakan doa bersama. Semoga Allah membalas ketulusan hati Anda semua. Jazakallah,” imbuh kepala daerah yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

Baca Juga: Meninjau Sungai Aare Tempat Putra Ridwan Kamil Hanyut: Suhu Air Membuatnya Berbahaya, Rawan Keram


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x