Kompas TV internasional kompas dunia

Saat Netflix Kehilangan Pelanggan, Disney Plus Kedatangan 7,9 Juta Pelanggan Baru

Kompas.tv - 12 Mei 2022, 12:30 WIB
saat-netflix-kehilangan-pelanggan-disney-plus-kedatangan-7-9-juta-pelanggan-baru
Disney Plus (Sumber: Disney)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV- Disney melaporkan, jumlah pelanggan baru Disney Plus bertambah 7,9 juta selama kuartal I-2022. Sehingga kini total pelanggan Disney Plus sebanyak 87,5 juta secara global.

Jika ditambah jumlah pelanggan Disney Plus Hotstar yang sebanyak 50,1 juta, maka total pelanggan keduanya 137,6 juta pelanggan.

Mengutip dari The Verge, Kamis (12/5/2022), pelanggan Disney Plus khusus di Amerika Serikat dan Kanada, naik 7,1 juta dibanding kuartal I tahun lalu. Jika dihitung berapa pelanggan layanan streaming, termasuk Hulu dan ESPN Plus, pelanggan Disney kini sebanyak 205 juta.

Baca Juga: Netflix Pertimbangkan untuk Hapus Fitur “Berbagi Akun” di Beberapa Negara, Apa Alasannya?

Angka itu naik dari Januari 2020, yang sebesar 196,4 juta pelanggan. Namun, kenaikan jumlah pelanggan yang disumbang Disney Plus belum sebanding dengan pemasukannya.

Disney Plus dikabarkan masih terus menggerogoti pendapatan Disney akibat tingginya biaya produksi, iklan, dan teknologi.  

Di sisi lain, Netflix yang merupakan pesaing Disney harus rela kehilangan 200.000 pelanggan pada periode Januari-Maret 2021.

Pelanggan banyak yang meninggalkan Netflix salah satunya akibat biaya berlangganan yang terbilang tinggi, dibanding layanan streaming film lainnya. Selain itu, pelanggan baru Netflix juga tidak naik karena fenomena berbagi password yang tidak satu rumah.

Baca Juga: Warner Bros dan Disney Beri Sanksi ke Rusia, Tangguhkan Rilis Film termasuk The Batman

Diberitakan KOMPAS TV sebelumnya, ini merupakan pertama kalinya Netflix kehilangan pelanggan sejak lebih dari satu dekade. Terakhir Netflix kehilangan pelanggan pada Oktober tahun 2011 sebesar 800.000 pengguna berbayar.

Perusahaan asal California tersebut melaporkan pendapatan kuartalan sebesar 7,78 miliar dollar AS di 2022, naik 10 persen dari tahun 2021.

Netflix juga memprediksi masih akan kehilangan 2 juta pelanggan lagi pada tahun ini.  Netflix sekarang memiliki sekitar 221,6 juta pelanggan yang membayar secara global, turun dari 221,8 juta pada kuartal keempat tahun 2021.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x