Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Fosil Reptil Laut Terbesar Dunia Ichthyosaurus Sebesar Paus Ditemukan di Tempat Ini

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 19:53 WIB
mengejutkan-fosil-reptil-laut-terbesar-dunia-ichthyosaurus-sebesar-paus-ditemukan-di-tempat-ini
Fosil dari salah satu makhluk terbesar yang pernah berenang di lautan Bumi, reptil laut seukuran ikan paus yang disebut ichthyosaurus, ditemukan di tempat yang tidak terduga, di atas tiga gunung di Pegunungan Alpen Swiss setinggi 2.740 meter di atas permukaan laut. (Sumber: CNN)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SWISS, KOMPAS.TV - Fosil dari salah satu makhluk terbesar yang pernah berenang di lautan Bumi, reptil laut seukuran ikan paus yang disebut ichthyosaurus, ditemukan di tempat yang tidak terduga.

Fosil ichthyosaurus ditemukan di atas tiga gunung di Pegunungan Alpen Swiss setinggi 2.740 meter di atas permukaan laut, seperti laporan CNN dan Jerusalem Post, Kamis (5/5/2022).

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di Taylor dan Francis, fosil yang berasal dari 205 juta tahun yang lalu (periode Trias awal) itu berasal dari tiga ichthyosaurus yang berbeda, dan merupakan reptil laut terbesar yang pernah ada.

Fosil tersebut milik tiga ichthyosaurus, dan mereka mungkin merupakan salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di Bumi, menurut studi tersebut.

Makhluk purba itu bisa mencapai bobot 80 ton dan panjang 20 meter, menyaingi paus sperma modern. "Kadal ikan" ini pertama kali muncul di lautan sekitar 250 juta tahun yang lalu, tampak seperti lumba-lumba dengan tubuh memanjang dan kepala kecil.

Mereka muncul setelah kepunahan massal era Permian yang memusnahkan lebih dari 95 persen spesies laut.

Tetapi pada 200 juta tahun yang lalu, ichthyosaurus raksasa telah punah dan hanya yang lebih kecil, lebih mirip lumba-lumba yang hidup hingga 90 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Fosil Sempurna Embrio Dinosaurus yang Hampir Menetas Seperti Burung Ditemukan di China Selatan

Fosil gigi dari satwa reptil laut tersebut. Fosil dari salah satu makhluk terbesar yang pernah berenang di lautan Bumi reptil laut seukuran ikan paus yang disebut ichthyosaurus, ditemukan di tempat yang tidak terduga, di atas tiga gunung di Pegunungan Alpen Swiss setinggi 2.740 meter di atas permukaan laut. (Sumber: CNN)

Fosil milik tiga ichthyosaurus yang berbeda telah ditemukan. Yang satu panjangnya sekitar 20 meter, sementara yang lain panjangnya 15 meter.

Namun, penemuan paling menarik yang terkait dengan fosil ini adalah gigi ichthyosaurus terbesar yang pernah ditemukan.

"Ini sangat besar menurut standar ichthyosaurus, akarnya berdiameter 60 milimeter, spesimen terbesar yang masih ada dalam tengkorak lengkap hingga saat ini adalah 20 milimeter dan berasal dari ichthyosaurus yang panjangnya hampir 18 meter," kata Sander.

Para peneliti menggambarkan fosil tulang rusuk dan tulang belakang dari dua individu ichthyosaurus, satu dengan panjang sekitar 21 meter dan yang lainnya sekitar 15 meter.

Penelitian itu juga menjabarkan individu ketiga berdasarkan gigi terbesar yang diketahui dari ichthyosaurus dengan lebar pangkal 6 cm dan panjang diperkirakan 15 cm, menunjukkan satwa tersebut adalah predator yang menakutkan.

Fosil yang ditemukan awalnya ditemukan oleh mahasiswa Universitas Zurich antara tahun 1976 dan 1990. Penulis utama studi baru-baru ini, Dr. Martin Sander, mencatat bahwa makhluk prasejarah ini hanya meninggalkan sedikit sisa fosil, yang masih menjadi misteri.

“Ini sangat memalukan bagi paleontologi karena kita hanya tahu sedikit tentang ichthyosaurus raksasa ini meskipun ukuran fosil mereka luar biasa,” kata Sander. “Kami berharap dapat mengatasi tantangan ini dan segera menemukan fosil baru dan lebih baik.”

 



Sumber : Jerusalem Post/CNN


BERITA LAINNYA



Close Ads x