Kompas TV internasional kompas dunia

Ratusan Orang Tewas dalam Bentrokan antara suku Arab dan Suku Non-Arab di Darfur Barat, Sudan

Kompas.tv - 28 April 2022, 05:27 WIB
ratusan-orang-tewas-dalam-bentrokan-antara-suku-arab-dan-suku-non-arab-di-darfur-barat-sudan
Sedikitnya 213 orang tewas dalam tiga hari kekerasan antara kelompok Arab dan non-Arab di Darfur Barat Sudan, kata gubernur negara bagian itu hari Rabu, (27/4/2022), yang memberikan jumlah resmi pertama untuk bentrokan baru-baru ini (Sumber: Radio France International RF1)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

DARFUR BARAT, KOMPAS.TV - Sedikitnya 213 orang tewas dalam tiga hari kekerasan antara kelompok Arab dan non-Arab di Darfur Barat Sudan, kata gubernur negara bagian itu hari Rabu, (27/4/2022), yang memberikan jumlah resmi pertama untuk bentrokan baru-baru ini seperti dilansir France24, Rabu, (27/4/2022).

Darfur Barat dicengkeram pertempuran mematikan selama berhari-hari yang sebagian besar berpusat di Krink, sebuah wilayah berpenduduk hampir 500.000 orang dan sebagian besar dihuni oleh suku Massalit Afrika.

"Kejahatan besar-besaran ini menyebabkan sekitar 201 tewas dan 103 terluka pada hari Minggu saja", kata Gubernur Darfur Barat Khamees Abkar dalam sebuah video yang diterbitkan Selasa malam.

Kekerasan pertama pecah hari Jumat dan memanas saat orang-orang bersenjata menyerang desa-desa Massalit non-Arab sebagai pembalasan atas pembunuhan dua anggota suku, menurut Koordinasi Umum untuk Pengungsi dan Pengungsi di Darfur GCRD, sebuah kelompok bantuan independen.

Sedikitnya delapan orang tewas hari Jumat, kata Abkar, membenarkan jumlah korban tewas untuk hari itu sudah dilaporkan oleh kelompok bantuan tersebut.

Gubernur negara bagian itu menyalahkan pasukan pemerintah yang bertugas mengamankan Krink dan sekitarnya karena "menarik diri tanpa pembenaran apa pun" ketika serangan-serangan utama dimulai Minggu pagi.

Baca Juga: Gudang Makanan Terus Dijarah, Badan Pangan PBB WFP Hentikan Operasi Bantuan di Darfur Utara

Sedikitnya 213 orang tewas dalam tiga hari kekerasan antara kelompok Arab dan non-Arab di Darfur Barat Sudan, kata gubernur negara bagian itu hari Rabu, (27/4/2022), yang memberikan jumlah resmi pertama untuk bentrokan baru-baru ini (Sumber: News24HD)

Kota Krink "hancur total termasuk institusi pemerintah," kata Abkar. "Ini adalah kejahatan terhadap kemanusiaan."

Pertempuran pada hari Senin menyebar ke Geneina, ibukota provinsi Darfur Barat, dimana saksi mata menuduh milisi Janjaweed mendalangi kekerasan.

Janjaweed adalah milisi Arab yang terkenal karena perannya dalam penindasan pemberontakan etnis minoritas di Darfur pada awal 2000-an di bawah otokrat Omar al-Bashir.

Menurut kelompok hak asasi, banyak dari anggotanya kemudian diintegrasikan ke dalam Pasukan Pendukung Reaksi Cepat paramiliter yang ditakuti, yang dipimpin oleh Jenderal Mohamed Hamdan Daglo, sekarang de facto wakil pemimpin Sudan.

GCRD hari Senin melaporkan jumlah korban tewas secara total berjumlah 180 orang untuk pertempuran di sekitar Krink dan di Geneina, termasuk empat orang tewas di ibu kota negara bagian pada hari Senin.

Abkar pada hari Rabu mengkonfirmasi empat orang tewas pada hari Senin, menjadikan total korban setidaknya 213 orang.

Baca Juga: Nekat, Pemimpin Junta Militer Sudan Ancam Usir Keluar Utusan Khusus PBB, Begini Sebabnya

Sedikitnya 213 orang tewas dalam tiga hari kekerasan antara kelompok Arab dan non-Arab di Darfur Barat Sudan, kata gubernur negara bagian itu hari Rabu, (27/4/2022), yang memberikan jumlah resmi pertama untuk bentrokan baru-baru ini (Sumber: Al Arabiya)

Pada hari Selasa, Doctors Without Borders, yang dikenal dengan akronim Prancis MSF, mengatakan beberapa pekerja medis tewas dalam pertempuran ketika rumah sakit diserang.

Akibatnya, "tim MSF belum dapat mencapai fasilitas kesehatan yang kami dukung atau melakukan kegiatan klinik keliling" di Geneina dan tidak dapat kembali ke Krink, kata kelompok bantuan itu dalam sebuah pernyataan.

Konflik di Darfur yang dimulai pada tahun 2003 menewaskan lebih dari 300.000 orang dan membuat 2,5 juta orang mengungsi, menurut PBB.

Wilayah itu tetap dibanjiri senjata dan telah melihat lonjakan baru dalam kekerasan mematikan dalam beberapa bulan terakhir yang dipicu oleh perselisihan terutama atas tanah, ternak dan akses ke air dan penggembalaan.

Kekerasan terbaru terjadi ketika Sudan bergulat dengan dampak dari kudeta pada Oktober tahun lalu yang dipimpin oleh panglima militer Abdel Fattah al-Burhan.



Sumber : Kompas TV/France24/RF1


BERITA LAINNYA



Close Ads x