Kompas TV internasional kompas dunia

Gudang Makanan Terus Dijarah, Badan Pangan PBB WFP Hentikan Operasi Bantuan di Darfur Utara

Jumat, 31 Desember 2021 | 23:12 WIB
gudang-makanan-terus-dijarah-badan-pangan-pbb-wfp-hentikan-operasi-bantuan-di-darfur-utara
Program Pangan Dunia WFP yang berada di bawah PBB dilaporkan menangguhkan operasi mereka di seluruh provinsi Darfur Utara di Sudan menyusul serangkaian serangan terhadap gudang makanan mereka seperti dilansir Associated Press, Jumat, (31/12/2021). (Sumber: Boston Globe)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KAIRO, KOMPAS.TV — Program Pangan Dunia WFP yang berada di bawah PBB dilaporkan menangguhkan operasi mereka di seluruh provinsi Darfur Utara di Sudan menyusul serangkaian serangan terhadap gudang makanan mereka. Melansir Associated Press, Jumat (31/12/2021), penangguhan ini diperkirakan akan mempengaruhi pasokan makanan sekitar 2 juta penduduk setempat.

Pernyataan resmi WFP pada Kamis (30/12) menyebut, ketiga gudang mereka di Darfur Utara diserang dan dijarah. Lebih dari 5.000 metrik ton makanan tampaknya dicuri, kata WFP.

Awal pekan ini WFP mengatakan, sebuah kelompok bersenjata tak dikenal menyerang salah satu gudangnya di ibu kota provinsi Darfur Utara, el-Fasher. Menanggapi serangan tersebut, otoritas setempat memberlakukan jam malam di seluruh provinsi.

Namun, serangan berlanjut hingga Kamis pagi, dimana bukan saja menjarah, ratusan penjarah juga membongkar struktur gudang, tambah WFP.

"Pencurian ini merampas dukungan makanan dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh hampir dua juta orang," kata Direktur Eksekutif WFP David Beasley.

"Ini bukan hanya kemunduran besar bagi operasi kami di seluruh negeri, tetapi juga membahayakan staf kami dan membahayakan kemampuan kami untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang paling rentan,” tegas Beasley.

Baca Juga: Militer Sudan Sepakat Pulihkan Pemerintahan Sipil dan Posisi PM Abdalla Hamdok

Program Pangan Dunia WFP yang berada di bawah PBB dilaporkan menangguhkan operasi mereka di seluruh provinsi Darfur Utara di Sudan menyusul serangkaian serangan terhadap gudang makanan mereka seperti dilansir Associated Press, Jumat (31/12/2021).  (Sumber: Al Arabiya)

WFP tidak dapat mengalihkan bantuan dari bagian lain Sudan ke gudang-gudang yang dijarah, tanpa mengorbankan kebutuhan orang-orang Sudan yang rentan yang tinggal di luar provinsi tersebut.

Sudan adalah salah satu negara termiskin di dunia. Hampir 11 juta orang membutuhkan bantuan ketahanan pangan dan mata pencaharian pada 2022.

WFP mendesak pihak berwenang Sudan untuk memulihkan stok yang dijarah dan menjamin keamanan dan keselamatan operasi WFP di Darfur Utara.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19