Kompas TV internasional kompas dunia

Ekstremis Somalia Ledakkan Restoran dengan Bom Bunuh Diri saat Buka Puasa, Enam Tewas

Kompas.tv - 24 April 2022, 03:45 WIB
ekstremis-somalia-ledakkan-restoran-dengan-bom-bunuh-diri-saat-buka-puasa-enam-tewas
Dampak kerusakan bom bunuh diri yang menyerang restoran di Mogadishu, Somalia. Foto diambil pada Sabtu (23/4/2022). (Sumber: Farah Abdi Warsameh/Associated Press)

MOGADISHU, KOMPAS.TV - Kelompok ekstremis Al-Shabab Somalia mengirim serangan bom bunuh diri ke sebuah restoran populer di pinggir pantai Mogadishu, Jumat (22/4/2022). Serangan ini menewaskan sedikitnya enam orang.

Sebagaimana diwartakan Associated Press, Sabtu (23/4/2022), menurut keterangan juru bicara kepolisian Somalia, Mayor Abdifatah Aden Hassan, pelaku bom bunuh diri menyerang menjelang waktu berbuka puasa.

Mayor Hassan menyebut pelaku mengincar acara buka bersama yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah.

Baca Juga: Ekstremis Al-Shabab Serang Bandara Mogadishu Somalia, Dua Milisi Tewas

Sewaktu kejadian pada Jumat (22/4), sejumlah pejabat termasuk komisaris kepolisian Somalia dan beberapa anggota parlemen diketahui akan berbuka puasa di restoran itu.

Akan tetapi, aparat keamanan menghalangi pelaku sebelum memasuki bagian dalam restoran. Pelaku pun meledakkan diri ketika diadang.

Menurut pihak paramedis, korban jiwa kebanyakan adalah warga sipil. Selain enam korban jiwa, tujuh orang lain dilaporkan terluka.

Beberapa personel kepolisian juga dilaporkan tewas dalam serangan ini. Namun, pihak kepolisian tidak merinci berapa personel yang terbunuh.

Serangan bom bunuh diri Al-Shabab ini juga menimbulkan kerusakan besar pada bangunan restoran.

Kelompok Al-Shabab sendiri telah mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Al-Shabab kerap meluncurkan serangan teror ke Mogadishu. Pada Maret lalu, kelompok ini menyerang bandara internasional di Mogadishu.

Baca Juga: Korban Jiwa Bom Masjid di Afghanistan Bertambah Jadi 33 Orang, Termasuk Siswa Sekolah Agama


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x