Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Sebelumnya Sebut Seluruh Kru Kapal Perang Moskva Selamat, Rusia Laporkan 1 Korban Jiwa 27 Hilang

Kompas.tv - 23 April 2022, 04:40 WIB
sebelumnya-sebut-seluruh-kru-kapal-perang-moskva-selamat-rusia-laporkan-1-korban-jiwa-27-hilang
Ilustrasi. Seorang pendeta Ortodoks dan veteran AL Rusia menghadiri upacara peringatan untuk kapal komando Moskva yang tenggelam pada 14 April 2022. Foto diambil di Sevastopol, Krimea, 15 April 2022. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Kementerian Pertahanan Rusia merilis jumah korban tenggelamnya kapal jelajah Moskva pada Jumat (22/4/2022). Rusia menyebut satu kru tewas dan 27 lainnya menghilang .

Moskow juga melaporkan bahwa 396 kru lain berhasil diselamatkan.

Laporan ini bertentangan dengan laporan awal Rusia usai Moskva tenggelam pada 14 April lalu. Sebelumnya, Rusia menyebut seluruh kru berhasil diselamatkan.

Baca Juga: The Moskva, Kapal Jelajah Berpeluru Kendali Maskot Armada Laut Hitam Rusia, Tenggelam Usai Terbakar

Kementerian Pertahanan Rusia tidak memberi penjelasan mengenai angka yang bertentangan tersebut.

Laporan Kementerian Pertahanan Rusia pun berbeda dengan laporan media-media independen Rusia. Sebuah laporan yang mengutip seorang pejabat anonim dan keluarga korban memperkirakan 40 orang tewas dan 100 terluka.

Sejumlah keluarga kru kapal belakangan ini juga menuntut kejelasan atas nasib sanak saudara mereka melalui media sosial atau berbicara kepada media.

Moskva sendiri adalah kapal komando milik Armada Kapal Laut Hitam Rusia. Tenggelamnya kapal ini di Laut Hitam dianggap sebagai kegagalan memalukan Moskow.

Setidaknya ada dua versi mengenai penyebab tenggelamnya kapal. Rusia menyebut kapal itu tenggelam karena ledakan amunisi di dalam kapal. Sedangkan Ukraina mengeklaim berhasil menenggelamkannya dengan rudal Neptune.

Baca Juga: Penampakan Kapal Perang Rusia Moskva Sebelum Dirudal Ukraina


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x