Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Biden Desak PM india Narendra Modi Tak Tambah Pembelian Minyak Rusia, Bagaimana Responsnya?

Kompas.tv - 12 April 2022, 12:06 WIB
biden-desak-pm-india-narendra-modi-tak-tambah-pembelian-minyak-rusia-bagaimana-responsnya
Presiden Joe Biden bertemu secara virtual dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di South Court Auditorium Gedung Putih di Washington, Senin, 11 April 2022. Menhan India Rajnath Singh berada di tengah, Menlu India Subrahmanyam Jaishankar, kanan. (Sumber: AP Photo/Carolyn Kaster)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Senin, (12/4/2022) meminta PM India Narendra Modi tidak mempercepat penambahan pembelian minyak Rusia karena AS dan negara-negara lain berusaha memotong pendapatan energi Moskow menyusul invasi ke Ukraina, seperti dilansir Associated Press, Selasa, (12/4/2022).

Perdana menteri India dalam pertemuan itu maupun sesudahnya dilaporkan tidak membuat komitmen publik untuk menahan diri dari minyak Rusia, sumber ketegangan dengan Amerika Serikat.

Bertemu melalui panggilan video, Biden mengatakan kepada Modi, Amerika Serikat dapat membantu India mendiversifikasi sumber energinya, seperti dikatakan juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

Meskipun porsi minyak Rusia yang diterima India sedikit, baru-baru ini India meningkatkan pembelian besar-besaran karena negara-negara demokrasi lain berusaha mengisolasi Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Presiden juga mengutarakan keyakinannya, tidak dalam kepentingan India untuk mempercepat atau meningkatkan impor energi Rusia atau komoditas lainnya,” kata Psaki.

Baca Juga: India Desak Penyelidikan Independen atas Kematian Warga Sipil di Bucha Ukraina

Presiden Joe Biden bertemu secara virtual dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di South Court Auditorium Gedung Putih di Washington, Senin, 11 April 2022. (Sumber: Michael A. McCoy/Pool via AP)

Pada konferensi pers terpisah Departemen Luar Negeri dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menlu India Subrahmanyam Jaishankar dengan tegas menyarankan agar Eropa, bukan India, menjadi fokus perhatian Washington tentang pembelian energi dari Rusia.

"Saya menduga, melihat angka-angkanya, mungkin total pembelian kami untuk bulan ini akan kurang dari apa yang dilakukan Eropa pada sore hari," katanya.

Sementara Biden dan Modi mengakhiri sesi dialog mereka dengan Biden mengatakan mereka berkomitmen memperkuat hubungan mereka, pejabat Gedung Putih tidak dapat mengatakan apakah India mendukung mereka dalam mengutuk Putin sepenuhnya, dengan mengatakan pilihan pada akhirnya ada di tangan pemerintah Modi.

Kedua pemimpin akan bertemu langsung pada 24 Mei di Tokyo untuk pertemuan puncak Quad, sebuah koalisi yang juga mencakup Australia dan Jepang.

Pada konferensi pers Kementerian Luar Negeri, Blinken tampaknya berusaha membujuk India untuk mengambil sikap yang lebih kuat terhadap konflik di Ukraina, menarik minat negara itu dalam menegakkan tatanan berbasis aturan internasional dan menunjukkan orang India yang kekurangan sumber daya mungkin terpengaruh oleh kekurangan energi dan makanan yang disebabkan oleh perang.

“Agresi Rusia sangat kontras dengan visi yang dimiliki Amerika Serikat dan India untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, dan tindakan Rusia memiliki dampak besar tidak hanya di Eropa dan Ukraina, tetapi di seluruh dunia, misalnya, menyebabkan kerawanan pangan dan kenaikan harga,” kata Blinken kepada wartawan setelah pertemuan berakhir.

Baca Juga: Menlu Rusia Datang ke New Delhi, Puji Objektivitas India dalam Konflik Rusia dan Ukraina

Menlu India Subrahmanyam Jaishankar berbicara selama Dialog Menteri AS-India 2+2 keempat di Departemen Luar Negeri di Washington, Senin, 11 April 2022. (Sumber: Michael A. McCoy/Pool via AP)


Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x