Kompas TV internasional kompas dunia

Tolak Lawan Pemain Israel, Atlet Anggar Kuwait Mundur dari Kejuaraan Dunia

Kompas.tv - 4 April 2022, 22:35 WIB
tolak-lawan-pemain-israel-atlet-anggar-kuwait-mundur-dari-kejuaraan-dunia
Ilustrasi. Seorang demonstran membentangkan lukisan bendera Palestina di tangannya dalam aksi solidaritas kepada warga korban penggusuran Israel di Sheikh Jarrah. (Sumber: Mahmoud Illean/Associated Press)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Fadhilah

DUBAI, KOMPAS.TV - Atlet anggar Kuwait, Mohammad Al-Fadli, menolak bertanding melawan atlet Israel dalam babak penyisihan grup di Kejuaraan Dunia Anggar Junior dan Kadet yang berlangsung di Dubai, Minggu (3/4/2022).

Seperti dilaporkan Middle East Monitor, langkah Al-Fadli tersebut mendapat dukungan dari para aktivis di sosial media.

Mereka memuji Al-Fadli karena “menentang normalisasi yang dilakukan negara-negara Arab dengan pendudukan Israel.”

Keputusan Al-Fadli menolak menghadapi lawannya yang berasal dari Israel juga “melengkapi posisi Kuwait yang mendukung perjuangan Palestina.”

Rupanya, ini bukan pertama kalinya Al-Fadli menolak bertanding melawan atlet Israel.

Pada September 2019, dia juga menarik diri dari sebuah turnamen internasional di Amsterdam, Belanda, setelah undian menempatkannya satu grup dengan atlet Israel.

Baca Juga: Penyelidik PBB Resmi Tuduh Israel Lakukan Kejahatan Apartheid di Wilayah Pendudukan Palestina

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah atlet Kuwait dan negara-negara lainnya mundur dari berbagai turnamen internasional karena harus menghadapi atlet Israel.

Pada Maret lalu, atlet motosurf Kuwait, Abdul Razzaq Al-Baghli, menarik diri dari Kejuaraan Motosurf Internasional yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, karena menolak bertanding dengan lawan asal Israel.

Dalam video yang diunggah ke media sosial, Al-Baghli mengatakan, keputusannya sesuai dengan posisi Kuwait yang memberikan “dukungan konsisten kepada perjuangan Palestina.”

Pada Januari lalu, petenis remaja Kuwait, Muhammad Al-Awadi, juga mundur dari semifinal turnamen tenis internasional yang digelar di Uni Emirat Arab untuk menghindari bertanding dengan atlet Israel.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x