Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

PM Inggris Mengamuk Rusia Bunuh Warga Sipil Ukraina, Berjanji Buat Putin Kelaparan

Kompas.tv - 4 April 2022, 07:52 WIB
pm-inggris-mengamuk-rusia-bunuh-warga-sipil-ukraina-berjanji-buat-putin-kelaparan
Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. Johnson mengamuk atas pembunuhan warga sipil Ukraina yang diduga dilakukan tentara Rusia, dan berjanji membuat Presiden Vladimir Putin kelaparan dengan sanksi yang lebih keras lagi. (Sumber: Jessica Taylor/UK Parliament via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

LONDON, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson mengamuk atas pembunuhan warga sipil Ukraina yang diduga dilakukan oleh Rusia.

Sejumlah jasad warga sipil Ukraina ditemukan di Kota Bucha, dekat wilayah Kiev, setelah tentara Rusia mundur dari area tersebut.

Menurut otoritas Ukraina, di antara jasad tersebut adalah anak-anak, perempuan yang diperkosa dan dibakar, serta pria yang disiksa dan kemudian dieksekusi dengan ditembak.

Selain itu, juga ditemukan kuburan massal di sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga: Rusia Bantah Membantai Warga Sipil Ukraina: Itu Adalah Provokasi Kiev

Hal itu membuat Johnson berjanji akan memberikan sanksi lebih keras kepada Rusia, hingga membuat Presiden Rusia Vladimir Putin kelaparan.

“Saya akan melakukan segalanya dengan kekuatan saya untuk membuat si Mesin Perang (Vladimir) Putin kelaparan,” bunyi pernyataan Johnson, Minggu (3/4/2022), dikutip dari Radio Free Europe.

Selain bakal memberikan sanksi lebih besar ke Rusia, Johnson menegaskan akan menambah bantuan militer kepada Ukraina.

“Kami meningkatkan sanksi (ke Rusia) dan dukungan militer kami (ke Ukraina), serta memperkuat paket dukungan kemanusiaan kami untuk membantu mereka yang membutuhkan di lapangan,” katanya.

Baca Juga: Rusia Dapat Badai Kutukan dari Eropa atas Temuan Mayat Warga Sipil yang Tampak Dieksekusi di Ukraina

Johnson, yang memilih jalur bertentangan dengan Moskow sejak serangan Rusia ke Ukraina, menegaskan pembunuhan tersebut menjadi bukti Rusia telah melakukan kejahatan perang di Ukraina.

“Serangan memalukan Rusia terhadap warga sipil di Irpin dan Bucha, akan menjadi bukti bahwa Putin dan tentaranya melakukan kejahatan perang di Ukraina,” ujarnya.

Rusia sendiri membantah telah melakukan pembunuhan terhadap warga sipil Ukraina di Bucha.

Mereka menyebut tuduhan tersebut sebagai provokasi lainnya yang dilakukan oleh Ukraina.



Sumber : Radio Free Europe


BERITA LAINNYA



Close Ads x