Kompas TV internasional kompas dunia

Musim Umrah Tiba, Arab Saudi Perketat Aturan Pemakaian Masker di Masjidil Haram

Kompas.tv - 3 April 2022, 20:43 WIB
musim-umrah-tiba-arab-saudi-perketat-aturan-pemakaian-masker-di-masjidil-haram
Jemaah haji sedang bertawaf di Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah. Otoritas Arab Saudi, Sabtu (2/4/2022), mengatakan akan memperketat aturan pemakaian masker di Masjidil Haram saat musim umrah selama bulan Ramadan. (Sumber: Arab News)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Hariyanto Kurniawan

MAKKAH, KOMPAS.TV - Otoritas Arab Saudi akan memperketat aturan pemakaian masker di Masjidil Haram saat musim umrah selama bulan Ramadan.

Komandan Pasukan Keamanan Umrah Mayor Jenderal Muhammad Al-Bassami mengatakan, penerapan kewajiban memakai masker di area tengah Masjidil Haram akan diperketat.

“Seluruh langkah-langkah yang pernah diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya telah dikaji dan dievaluasi terkait implementasi pada musim umrah selama Ramadan,” kata Al-Bassami dalam konferensi pers di Makkah, Arab Saudi, seperti dilansir Saudi Gazette, Sabtu (2/4/2022).

Dia menambahkan, mataf atau area untuk tawaf yang berada di sekeliling Ka'bah, dan lantai dasar Masjidil Haram akan dikhususkan bagi jemaah umrah.

Gerbang King Abdulaziz, King Fahd, Umrah dan Al-Salam, dan Al-Marwah juga akan dikhususkan untuk pintu masuk bagi jemaah umrah.

Al-Bassami juga mengatakan orang yang akan melaksanakan umrah wajib memeroleh izin sebelum menjalani ritual tersebut. Hal itu bertujuan untuk mengatur keramaian.

Sementara jemaah yang datang ke Masjidil Haram untuk salat, tidak perlu mengantongi izin.

Baca Juga: Arab Saudi Peringatkan, Umrah Tanpa Izin Terancam Denda Sekitar Rp38 Juta

Pihak berwenang Arab Saudi, Sabtu, juga mengatakan akan mengenakan denda sebesar 10.000 riyal (sekitar Rp38 juta) bagi mereka yang melaksanakan umrah tanpa izin.

Izin bagi jemaah umrah akan diperiksa melalui aplikasi Tawakkalna dan akan dicocokkan dengan kartu identitas nasional, alamat, nomor paspor, dan tanggal pelaksanaan umrah yang dipilih.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x