Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Awalnya Publik Terguncang, Popularitas Putin Kini Meroket di Rusia Usai Serbu Ukraina

Kompas.tv - 2 April 2022, 22:26 WIB
awalnya-publik-terguncang-popularitas-putin-kini-meroket-di-rusia-usai-serbu-ukraina
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Jajak pendapat yang dirilis minggu ini oleh lembaga survei independen paling dihormati Rusia, Levada, menunjukkan peringkat public approval kepada Putin mencapai 83 persen, naik dari 69 persen pada Januari. (Sumber: Russian Presidential Press Service via A)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Lima minggu setelah invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina, ada tanda-tanda bahwa keterkejutan awal publik Rusia telah berubah menjadi dukungan untuk pasukan mereka dan kemarahan terhadap Barat.

Di televisi, acara-acara hiburan digantikan oleh propaganda sepanjang waktu tentang "Nazi" yang menjalankan laboratorium senjata biologis Ukraina dan didanai Amerika.

Jajak pendapat dan wawancara menunjukkan mayoritas responden orang Rusia sekarang menerima pernyataan Kremlin bahwa negara mereka dikepung oleh Barat, dan tidak ada pilihan lain kecuali menyerang duluan. Lawan politik Putin sekarang pergi ke luar negeri atau diam.

“Kita berada dalam mesin waktu, meluncur ke masa lalu yang gemilang,” kata seorang politikus oposisi di wilayah barat Rusia Kaliningrad, Solomon I Ginzburg, dalam sebuah wawancara telepon.

Dia menggambarkannya sebagai regresi politik dan ekonomi ke masa Soviet. “Saya akan menyebutnya devolusi, atau involusi.”

Dukungan publik terhadap perang tidak memiliki landasan patriotik yang menyambut pencaplokan Krimea pada tahun 2014. Namun jajak pendapat yang dirilis minggu ini oleh lembaga survei independen paling dihormati Rusia, Levada, menunjukkan peringkat approval public kepada Putin mencapai 83 persen, naik dari 69 persen pada Januari.

Sebanyak 81 persen mengatakan mereka mendukung perang, menggambarkan kebutuhan untuk melindungi penutur bahasa Rusia sebagai pembenaran utamanya.

Baca Juga: Putin Minta Negara Tak Bersahabat Bayar Gas Rusia Pakai Rubel Atau Pasokan Dihentikan

Jajak pendapat yang dirilis minggu ini oleh lembaga survei independen paling dihormati Rusia, Levada, menunjukkan peringkat public approval kepada Putin mencapai 83 persen, naik dari 69 persen pada Januari. (Sumber: AP Photo)

Analis memperingatkan ketika kepedihan ekonomi yang ditimbulkan oleh sanksi semakin dalam untuk beberapa bulan mendatang, suasana hati publik bisa berubah.

Beberapa juga berpendapat jajak pendapat di masa perang memiliki signifikansi yang terbatas, dengan banyak orang Rusia takut menyuarakan perbedaan pendapat, atau bahkan pendapat mereka yang sebenarnya kepada orang asing.

Undang-undang sensor terbaru menghukum setiap penyimpangan dari narasi Kremlin 15 tahun penjara.

Tetapi dengan memperhitungkan efek itu, Direktur Levada Denis Volkov mengatakan, survei kelompoknya menunjukkan banyak orang Rusia mengadopsi keyakinan bahwa Rusia yang terkepung harus berkumpul di sekitar pemimpinnya.

Terutama efektif dalam hal itu, katanya, adalah pukulan keras sanksi Barat, dengan penutupan wilayah udara, pembatasan visa dan kepergian perusahaan-perusahaan populer seperti McDonald's dan Ikea yang menyediakan argumentasi bagi Kremlin bahwa Barat mengobarkan perang ekonomi terhadap rakyat Rusia.

“Konfrontasi dengan Barat mengonsolidasikan rakyat,” kata Volkov.

Akibatnya, mereka yang masih menentang perang mundur ke realitas paralel aliran YouTube, dan posting Facebook semakin dihapus dari publik Rusia yang lebih luas.

Baca Juga: Putin: 'Negara-Negara Tak Bersahabat' Bisa Beli Gas Alam Rusia Pakai Rubel dengan Akun Khusus

Ilustrasi. Asap mengepul dari target serangan udara Rusia di Lviv, barat Ukraina, Sabtu (26/3/2022). Jajak pendapat yang dirilis minggu ini oleh lembaga survei independen paling dihormati Rusia, Levada, menunjukkan peringkat public approval kepada Putin mencapai 83 persen, naik dari 69 persen pada Januari.(Sumber: Nariman El-Mofty/Associated Press)

Facebook dan Instagram sekarang tidak dapat diakses di dalam Rusia tanpa perangkat lunak khusus, dan outlet independen paling terkemuka di Rusia semuanya terpaksa ditutup.

Di kota selatan Rostov-on-Don, dekat perbatasan dengan Ukraina, seorang aktivis lokal, Sergei Shalygin, mengatakan dua teman yang sebelumnya bergabung dengannya dalam kampanye pro-demokrasi telah berpindah ke kamp pro-perang.

Mereka meneruskannya ke pos propaganda Rusia di aplikasi perpesanan Telegram yang mengeklaim menunjukkan kekejaman yang dilakukan oleh "fasis" Ukraina.

“Ada garis pemisah yang ditarik, seperti dalam perang saudara,” katanya, mengacu pada akibat Revolusi Rusia seabad yang lalu. “Itu adalah perang saudara melawan saudara laki-laki, dan sekarang sesuatu yang serupa terjadi, perang tanpa darah kali ini, tetapi perang moral, perang yang sangat serius.”

Shalygin dan pengamat lain Rusia menunjukkan, sebagian besar pendukung perang tampaknya tidak terlalu antusias.

Kembali pada tahun 2014, ketika Rusia mencaplok Krimea dalam kampanye kilat dan tidak berdarah, kenangnya, setiap mobil lain tampaknya menggunakan pita St George oranye-hitam, simbol dukungan untuk kebijakan luar negeri Putin yang agresif.

Sekarang, sementara pemerintah Rusia mencoba mempopulerkan huruf "Z" sebagai dukungan perang, Shalygin mengatakan jarang melihat mobil memakainya; simbol ini terutama muncul di angkutan umum dan papan reklame yang disponsori pemerintah.

Baca Juga: Prancis, Jerman, Austria dan Inggris Tolak Kebijakan Putin untuk Bayar Gas Alam Rusia dengan Rubel

Seorang vendor menghitung uang kertas rubel Rusia di sebuah pasar di Omsk, Rusia 18 Februari 2022. Jajak pendapat yang dirilis minggu ini oleh lembaga survei independen paling dihormati Rusia, Levada, menunjukkan peringkat public approval kepada Putin mencapai 83 persen, naik dari 69 persen pada Januari.  (Sumber: Antara)

Huruf "Z" pertama kali muncul dicat pada kendaraan militer Rusia yang mengambil bagian dalam invasi Ukraina. “Antusiasme? — saya tidak melihatnya,” kata Sergei Belanovsky, seorang sosiolog Rusia terkemuka. “Yang lebih saya lihat adalah sikap apatis.”

Memang, sementara jajak pendapat Levada menemukan 81 persen orang Rusia mendukung perang, survei itu juga menemukan 35 persen orang Rusia mengatakan mereka "hampir tidak memerhatikan,” menunjukkan sejumlah besar secara refleks mendukung perang tanpa memiliki banyak minat di dalamnya.

Kremlin tampaknya ingin tetap seperti itu, terus bersikeras konflik harus disebut "operasi militer khusus" daripada "perang" atau "invasi."




Sumber : New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x