Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ukraina Apresiasi Peran Roman Abramovich dalam Negosiasi Damai dengan Rusia

Kompas.tv - 1 April 2022, 20:25 WIB
ukraina-apresiasi-peran-roman-abramovich-dalam-negosiasi-damai-dengan-rusia
Roman Abramovich (dua dari kanan) tampak berbincang bersama sejumlah orang, di antaranya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (dua dari kiri), dalam pembicaraan negosiasi Rusia dan Ukraina di Istanbul, Turki, Selasa (29/3/2022). (Sumber: Ria Novosti via Twitter)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ukraina mengapresiasi peran Roman Abramovich yang ikut terlibat dalam negosiasi perdamaian dengan Rusia. 

Kepala delegasi Ukraina dalam negosiasi dengan Moskow, David Arakhamia menganggap kemunculan Abramovich merupakan tanda positif bahwa ia berpartisipasi dalam pembicaraan damai.

Ia bahkan mengatakan pemilik Chelsea itu pihak yang lebih netral daripada delegasi dari negaranya.

"Faktanya, sejujurnya, (peran yang dia mainkan) sangat positif," kata Arakhamia menurut media Ukraina Interfax dikutip dari Marca, Jumat (1/4/2022). 

“Tetapi saya tidak mengerti mengapa dia mulai memainkan peran publik. Karena sejak awal dia memiliki peran sedemikian rupa sehingga dalam negosiasi disebut saluran belakang, yaitu saluran komunikasi tambahan, tidak resmi, yang membantu mengucapkan beberapa hal kompleks dalam bahasa manusia normal, dan bukan dalam bahasa diplomatik - apa yang tidak dapat mereka katakan secara resmi," urai Arakhamia.

"Kemudian, berkat pers internasional, saluran tersembunyi ini menjadi dikenal di seluruh dunia pada kenyataannya."

Baca Juga: Fakta-Fakta Roman Abramovich & Negosiator Ukraina Keracunan di Perundingan Damai

"Sejauh yang saya mengerti dari posisinya, dia tidak lagi bersembunyi dan bukan lagi saluran belakang, tetapi delegasi lain dalam negosiasi."

"Meskipun kami tidak melihatnya sebagai pihak yang netral. Tapi, kami dapat mengatakan bahwa itu, tentu saja, lebih netral daripada wakil resmi dari negosiasi," ujarnya.

Abramovich sendiri memang bukan delegasi resmi Rusia dalam negosiasi perdamaian dengan Ukraina. 

Rusia menyatakan ia bertindak sebagai penghubung antara Moskow dan Kiev.



Sumber : Marca


BERITA LAINNYA



Close Ads x