Kompas TV internasional kompas dunia

Masjid Agung Hagia Sofia Istanbul akan Gelar Salat Tarawih Perdana dalam 88 Tahun

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 18:10 WIB
masjid-agung-hagia-sofia-istanbul-akan-gelar-salat-tarawih-perdana-dalam-88-tahun
Masjid Agung Hagia Sophia Istanbul. Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Turki akan mengadakan salat tarawih pertamanya dalam 88 tahun, seperti dilaporkan Anadolu, Kamis (31/3/2022). (Sumber: goturkeytourism.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Turki akan mengadakan salat tarawih pertamanya dalam 88 tahun.

Melansir Anadolu pada Kamis (31/3/2022), selain salat tarawih, yakni salat malam khusus selama bulan puasa, sejumlah acara Ramadan juga akan diadakan di masjid agung Hagia Sophia.

Masjid ini diubah menjadi museum pada tahun 1934. Hagia Sophia mendapatkan kembali statusnya sebagai masjid dua tahun lalu, ketika dibuka untuk beribadah pada 24 Juli tahun 2020.

Namun, sebagai bagian dari pembatasan Covid-19 di Turki, masjid Hagia Sophia tidak dapat digunakan sejak awal pandemi karena risiko penularan Covid-19.

Tetapi, pihak berwenang Turki memutuskan untuk membuka kembali masjid agung Hagia Sophia untuk Ramadan tahun ini. Alasannya, sebagian besar populasi sudah menjalani vaksinasi Covid-19, dan jumlah kasus baru serta kematian menurun dibarengi peningkatan pemulihan setiap hari.

Baca Juga: Kontroversi Hagia Sophia: Dari Museum ke Masjid

Hagia Sophia. Masjid Agung Hagia Sophia Turki di Istanbul akan mengadakan sholat tarawih pertamanya dalam 88 tahun seperti dilaporkan Anadolu, Kamis, (31/3/2022). (Sumber: AP)

Hagia Sophia dibangun pada tahun 532 Masehi sebagai gereja, dan berubah menjadi masjid tahun 1453 setelah penaklukan Istanbul.

Hagia Sophia berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun, dan 86 tahun sebagai museum. Sementara, dari tahun 1453 hingga 1934, atau hampir 500 tahun, berfungsi sebagai masjid.

Pada tahun 1985, Hagia Sophia ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan asing.

Berminat salat tarawih di Hagia Sophia pada Ramadan tahun ini?

 



Sumber : Anadolu


BERITA LAINNYA



Close Ads x