Kompas TV internasional kompas dunia

Keluarga Joe Biden Disebut Terima Jutaan Dollar AS dari Perusahaan China

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 12:12 WIB
keluarga-joe-biden-disebut-terima-jutaan-dollar-as-dari-perusahaan-china
Hunter Biden (tengah) yang merupakan anak Presiden AS Joe Biden, diduga menerima uang jutaan dollar AS dari perusahaan China karena hubungannya dengan Joe Biden. (Sumber: AFP)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV- Anak laki-laki dan saudara laki-laki Joe Biden, dikabarkan menerima uang jutaan dollar AS dari perusahaan China karena hubungan mereka dengan Presiden Amerika Serikat itu.

Mengutip dari Washington Post, Kamis (31/3/2022), lembaga yang berada di bawah Hunter Biden dan James Biden menerima pembayaran 4,8 juta dollar AS (Rp69 miliar) dari sejumlah perusahaan China.

Dalam laporan yang diungkap Washington Post, Hunter dan James menerima uang tersebut selama 14 bulan dari CEFC China Energy. Hal itu didapatkan berdasarkan tinjauan email yang ditemukan di laptop yang pernah menjadi milik Hunter, serta dokumen pengadilan, catatan pemerintah, dan laporan bank.

Baca Juga: Shopee Hengkang Dari India dan Prancis, Ada Apa Nih?

“Hunter menerima setidaknya 3,79 juta dollar AS pembayaran dari konglomerat energi China melalui kontrak konsultasi,” tulis laporan itu.

“Hunter Biden juga menerima 1 juta dollar AS untuk mewakili Patrick Ho, pejabat CEFC yang kemudian didakwa terkait skema suap di Afrika," kata dokumen tersebut.

CEFC China Energy adalah perusahaan yang mendapatkan pendanaan dari bank pembangunan pemerintah dan punya hubungan dengan Partai Komunis China serta militer China.

Baca Juga: Orang Kaya AS Akan Kena Pajak 20 Persen, Uangnya Dipakai Biden Tambal Defisit

Dengan eratnya hubungan itu, ekonom menilai tidak mungkin CEFC China Energy beroperasi secara independen tanpa intervensi pemerintah Negeri Tirai Bambu.

Hunter Biden juga disebut menandatangani perjanjian dengan pebisnis China Gongwen Dong. Perjanjian itu mencakup pembayaran satu kali kepada Hunter sebesar 500.000 dollar AS serta tunjangan bulanan 100.000 dollar AS.

Baca Juga: Biden Bersedia Bertemu Lagi dengan Putin usai Marah-Marah, asal Syarat Ini Terpenuhi

Selain itu, James Biden juga menerima tunjangan bulanan 65.000 dollar AS berdasarkan perjanjian tersebut.

Namun, laporan Washington Post juga menambahkan jika belum ada bukti yang menyatakan keterlibatan Joe Biden, hingga belum ada bukti terkait keuntungan pribadi yang diambil Joe Biden.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x