Kompas TV internasional kompas dunia

China Luncurkan Kapal Pesiar Bertenaga Listrik Pertama di Dunia, Mampu Angkut 1.300 Penumpang

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 21:42 WIB
china-luncurkan-kapal-pesiar-bertenaga-listrik-pertama-di-dunia-mampu-angkut-1-300-penumpang
China pada Rabu (30/3/2022),  luncurkan kapal pesiar full bertenaga listrik di Yichang, Hubei, didukung baterai laut bertenaga 7.500 kilowatt-jam, panjang 100 meter, lebar sekitar 16 meter, mampu mengangkut hingga 1.300 penumpang dan menempuh jarak 100 kilometer sekali pengisian, menghemat 530 metrik ton bahan bakar dan 1.660 ton emisi gas buang per tahun (Sumber: China News Service/Zhou Xingliang)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

HUBEI, KOMPAS.TV - China hari Rabu, (30/3/2022) lakukan peluncuran perdana kapal pesiar yang sepenuhnya bertenaga listrik di Yichang, Hubei, seperti laporan Bloomberg, Rabu, (30/3/2022).

Kapal pesiar listrik terbesar di dunia melakukan pelayaran perdananya dari pelabuhan di Yichang di provinsi Hubei, China,  setelah berlayar naik dan turun di Sungai Yangtze.

Didukung oleh baterai laut bertenaga 7.500 kilowatt-jam yang sangat besar dari produsen baterai No. 1 di dunia untuk mobil listrik, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd., kapal ini akan beroperasi secara komersial mulai bulan depan, digunakan terutama untuk perjalanan wisata.

Dengan panjang 100 meter dan lebar sekitar 16 meter, kapal bernama Sungai Yangtze Three Gorges 1 dapat mengangkut hingga 1.300 penumpang dan menempuh jarak 100 kilometer dengan sekali pengisian, menghemat sekitar 530 metrik ton bahan bakar.

Selain itu, kapal tersebut bisa menghemat 1.660 ton emisi gas buang setiap tahun.

Baca Juga: Mulai 2030 Seluruh Mobil Volvo Sepenuhnya Bertenaga Listrik dan Terhubung Secara Online

Pengembang China Yangtze Power Co., anak perusahaan Three Gorges Corp. dan Hubei Three Gorges Tourism Group, berencana menggunakan kapal tersebut sebagai titik awal untuk memperluas pasar kendaraan listrik laut China. (Sumber: China News Service/Zhou Xingliang)

Pengembang China Yangtze Power Co., anak perusahaan Three Gorges Corp. dan Hubei Three Gorges Tourism Group, berencana menggunakan kapal tersebut sebagai titik awal untuk memperluas pasar kendaraan listrik laut China, termasuk membangun jaringan titik pengisian di sepanjang sungai seperti laporan Global Times yang dikutip Bloomberg, Rabu, (30/3/2022).

“Rasanya hampir seperti meluncur di tanah datar,” kata Cheng Lu, salah satu penumpang kapal, kepada China Daily, hari Rabu.

Chen Guohai, kapten kapal, mengatakan sistem yang dikendalikan komputer kapal adalah anugerah besar.

“Sebelumnya, saya menggunakan pengalaman saya sendiri untuk menentukan apakah ada peralatan yang salah,” katanya.

“Sekarang semuanya dipantau oleh komputer. Untuk masalah konsumsi listrik dan daya tahan baterai, ada data untuk perbandingan dan ada kendali otomatis.”



Sumber : Kompas TV/Bloomberg/China News Service


BERITA LAINNYA



Close Ads x