Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia dan Ukraina Bertukar Tawanan Perang, 1 Wali Kota Ditukar 9 Tahanan

Kompas.tv - 26 Maret 2022, 14:54 WIB
rusia-dan-ukraina-bertukar-tawanan-perang-1-wali-kota-ditukar-9-tahanan
Barikade antitank dipasang di jalanan untuk menghalangi tentara Rusia di Odesa, Ukraina, Kamis (24/3/2022). (Sumber: AP Photo/Petros Giannakouris)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

KIEV, KOMPAS.TV – Memasuki bulan kedua perang, Rusia dan Ukraina dilaporkan saling bertukar tawanan perang. Pertukaran ini disebut merupakan pertukaran tawanan perang pertama sejak Rusia melancarkan serangan pada 24 Februari lalu.

“Menyusul perintah dari Presiden (Ukraina) Volodymyr Zelensky, pertukaran tawanan perang pertama telah dilakukan,” tulis Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk di Facebook, Kamis (24/3/2022), dikutip dari Moscow Times, Jumat (25/3).

“Sebagai imbalan atas 10 penjajah yang ditangkap, kami menyelamatkan 10 prajurit kami,” katanya, merujuk pada pasukan Rusia dan Ukraina.

Vereshchuk juga menyatakan, 11 pelaut sipil Rusia yang diselamatkan dekat kota pelabuhan Laut Hitam, Odesa, ditukar dengan 19 awak kapal sipil yang ditahan oleh Moskow. 

Baca Juga: Prancis Panggil Dubes Rusia Gegara Tersinggung dengan Kartun

Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk. Pada Kamis (24/3/2022), Vereshchuk mengonfirmasi adanya pertukaran tawanan perang pertama antara Rusia dan Ukraina. (Sumber: Unian via Moscow Times)

Rusia juga mengonfirmasi pertukaran tawanan perang itu.

“Saya mengonfirmasi informasi tentang pertukaran 10 prajurit Rusia yang ditahan di wilayah Ukraina dengan 10 prajurit Ukraina. Dan ada pula pertukaran pelaut sipil Rusia dengan pelaut sipil Ukraina,” ujar kepala Ombudsman hak asasi manusia Rusia Tatiana Moskalkova.

Pada awal pekan ini, kementerian luar negeri Rusia menyatakan, Moskow telah melakukan dua pertukaran tawanan perang sejak melancarkan invasi ke Ukraina bulan lalu.

Moskalkova menyatakan, 9 tawanan Rusia telah ditukar dengan pembebasan Wali Kota Melitopol Ivan Fyodorov. Kota yang terletak di tenggara Ukraina itu jatuh ke tangan tentara Rusia.

Vereshchuk pada Rabu (23/3) mengonfirmasi pertukaran sang wali kota Melitopol. Namun, ia membantah adanya pertukaran tawanan lain.



Sumber : Moscow Times/Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x