Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Inilah Cara Amerika Serikat dan G7 Batasi Bank Sentral Rusia Transaksi Dengan Cadangan Emas Mereka

Kompas.tv - 25 Maret 2022, 05:24 WIB
inilah-cara-amerika-serikat-dan-g7-batasi-bank-sentral-rusia-transaksi-dengan-cadangan-emas-mereka
PM Inggris Boris Johnson, kiri, Presiden Prancis Emmanuel Macron, tengah, dan Presiden AS Joe Biden pada KTT Darurat yang membahas invasi Rusia ke Ukraina. G7 sanksi dan batasi penggunaan emas Bank Sentral Rusia (Sumber: Henry Nicholls/Pool via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat dan sekutunya hari Kamis, (24/3/2022) mengatakan mereka bergerak untuk memblokir transaksi keuangan dengan Bank Sentral Rusia yang melibatkan emas, dengan bertujuan untuk lebih membatasi kemampuan Rusia menggunakan cadangan internasionalnya karena invasi Vladimir Putin ke Ukraina. Seperti dilaporkan Associated Press, Jumat, (25/3/2022) Putin membangun cadangan persediaan emasnya sejak 2014.

Begini cara kerja sanksi ini

Berapa banyak cadangan emas negara yang dimiliki Rusia?

Pembelian emas Rusia meningkat sejak tahun 2014 setelah Amerika Serikat mengeluarkan sanksi terhadap Rusia atas invasi Putin ke Krimea.

Saat ini cadangan emas negara Rusia senilai 100 hingga 140 miliar dollar AS, yang kira-kira 20 persen dari kepemilikan di Bank Sentral Rusia, menurut pejabat Amerika Serikat.

Selain itu, Bank Sentral Rusia pada 28 Februari mengumumkan, tidak lama setelah beberapa bank Rusia dihapus dari sistem perbankan SWIFT, mereka akan melanjutkan pembelian emas di pasar logam mulia domestik.

Baca Juga: Kelompok Negara G7 Batasi Penggunaan Cadangan Emas Bank Sentral Rusia

Komoditas emas. Amerika Serikat dan sekutunya hari Kamis, (25/3/2022) mengatakan mereka bergerak untuk memblokir transaksi keuangan dengan Bank Sentral Rusia yang melibatkan emas, dengan bertujuan untuk lebih membatasi kemampuan Rusia menggunakan cadangan internasionalnya karena invasi Vladimir Putin ke Ukraina. Namun bagaimana sanksi itu bekerja? (Sumber: Antara )

Bagaimana cara Rusia bisa mengelak dari sanksi Barat menggunakan cadangan emas negara?

Amerika Serikat mengatakan Rusia dapat dan sudah menggunakan emas untuk mendukung mata uangnya sebagai cara untuk menghindari dampak sanksi.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah menukar emas dengan valuta asing yang lebih likuid dan tidak dikenakan sanksi saat ini. Cara lain adalah dengan menjual emas batangan melalui pasar dan dealer emas.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x