Kompas TV internasional kompas dunia

PM Malaysia Kunjungi Vietnam, Teken Perjanjian di Tiga Bidang

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 15:20 WIB
pm-malaysia-kunjungi-vietnam-teken-perjanjian-di-tiga-bidang
PM Vietnam Pham Minh Chinh (kiri) menemani PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob (kanan) dalam upacara penyambutan di Hanoi, Senin (21/3/2022). (Sumber: Duong Van Giang/VNA via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

HANOI, KOMPAS.TV - Otoritas Vietnam menyambut kehadiran Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dengan upacara resmi di Hanoi, Senin (21/3/2022) pagi waktu setempat. Yaakob sendiri tiba di ibu kota Vietnam tersebut pada Minggu (20/3) lalu.

Upacara penyambutan dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh.

Yaakob rencananya akan berada di Hanoi selama tiga hari untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara dalam hal perdagangan dan bidang lain.

Setelah pertemuan dengan Chinh, Yaakob dilaporkan menandatangani sejumlah perjanjian di bidang kerja sama legal, ekspor tenaga kerja, dan pelatihan diplomatis.

Baca Juga: Pengaturan Truk ODOL RI Kalah dari Thailand-Vietnam, Target Zero ODOL 2023 Tetap Jalan

Chinh menyebut kunjungan Yaakob dapat mengembangkan kesempatan kerja sama baru pasca-pandemi Covid-19 di Malaysia dan Vietnam.

Malaysia sendiri merupakan investor dan mitra dagang terbesar kedua Vietnam di Asia Tenggara.

Pada 2021 lalu, walaupun ekonomi dihantam pandemi, nilai perdagangan timbal-balik antara Malaysia-Vietnam naik 25% mencapai 15 miliar dolar AS.

Yaakob pun dilaporkan akan menemui pemimpin Vietnam lain selama kunjungan, termasuk Presiden Nguyen Xuan Phuc, Sekjen Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong, dan Ketua Majelis Nasional Vietnam Vuong Dinh Hue.

Baca Juga: Transisi ke Fase Endemi, Ini Aturan Pembatasan yang Dihapus di Malaysia Mulai 1 April Mendatang


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x