Kompas TV internasional kompas dunia

Di Balik Kisruh Pelarangan Hijab di Sekolah Karnataka yang Perlebar Jurang Antaragama di India

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 17:19 WIB
di-balik-kisruh-pelarangan-hijab-di-sekolah-karnataka-yang-perlebar-jurang-antaragama-di-india
Seorang mahasiswi Muslim India bercadar, tangannya dihiasi dengan henna atau pacar, berbicara dengan temannya saat kumpul aktivis mahasiswa di Kundapur di distrik Udupi, negara bagian Karnataka, Sabtu, 26 Februari 2022. Pengadilan tinggi India hari Selasa (15/3/2022) menguatkan larangan hijab di sekolah Karnataka, mengatakan hijab bukan praktik agama yang penting dalam Islam. (Sumber: AP Photo/Aijaz Rahi)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

UDUPI, KOMPAS.TV — Ketika Aliya Assadi berusia 12 tahun, ia mengenakan hijab saat mewakili negara bagian Karnataka di India selatan dalam sebuah kompetisi karate dan Aliya memenangkan medali emas untuk Karnataka.

Lima tahun kemudian, dia mencoba memakai hijab atau jilbab ke sekolah menengah pertama tempatnya belajar. Namun, Aliya tidak pernah berhasil melewati gerbang sekolah, ditolak masuk di bawah kebijakan baru yang melarang penutup kepala berdasarkan agama, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (15/3/2022).

“(Hijab) Bukan hanya secarik kain,” kata Aliya saat berkunjung ke rumah temannya.

Dia mengenakan niqab, pakaian yang lebih tertutup, menutupi hampir seluruh wajah hanya dengan hanya celah untuk mata, yang dia kenakan saat jauh dari rumah.

“Hijab adalah identitas saya. Dan sekarang apa yang mereka lakukan adalah mengambil identitas saya dari saya,” tutur Aliya.

Aliya adalah salah satu dari siswa Muslim yang tak terhitung jumlahnya di Karnataka. Wilayah itu kini berada di tengah perdebatan sengit tentang pelarangan hijab atau jilbab di sekolah-sekolah di negara dengan populasi mayoritas Hindu tetapi sekuler secara konstitusional itu.

Masalah ini menjadi titik api untuk pertempuran atas hak-hak kaum Muslim, yang khawatir mereka disingkirkan sebagai minoritas di India.

Baca Juga: Anggap Bukan Praktik Keagamaan Penting, Pengadilan India Kuatkan Larangan Hijab di Sekolah Karnataka

Pelajar India berseragam berjalan di dalam kampus perguruan tinggi junior yang dikelola pemerintah di Udupi, negara bagian Karnataka, India, 24 Februari 2022. Pengadilan tinggi India hari Selasa, (15/3/2022) menguatkan larangan hijab di sekolah Karnataka, mengatakan hijab bukan praktik agama yang penting dalam Islam. (Sumber: AP Photo/Aijaz Rahi)

Selain itu, pembatasan hijab dipandang sebagai eskalasi mengkhawatirkan arus nasionalisme Hindu di bawah pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

Pada Selasa (15/3/2022), pengadilan tinggi India menguatkan larangan hijab di sekolah Karnataka, dan mengatakan hijab bukan praktik agama yang penting dalam Islam.

Hijab digunakan oleh banyak perempuan Muslim untuk menjaga kesopanan atau sebagai simbol agama, sering dilihat bukan hanya sedikit pakaian tetapi sesuatu yang diamanatkan oleh iman mereka.

Para penentang menganggapnya sebagai simbol penindasan, yang dikenakan pada perempuan. Para pendukung hijab menyangkal hal itu dan mengatakan maknanya berbeda-beda tergantung masing-masing individu, termasuk sebagai ekspresi kebanggaan identitas Muslim.

Kehebohan dimulai pada Januari di India. Di negara itu, kaum Muslimin hanya 14 persen dari 1,4 miliar penduduk, tetapi masih cukup banyak untuk menjadikannya populasi Muslim terbesar kedua di negara mana pun, setelah Indonesia.

Staf di sebuah perguruan tinggi junior yang dikelola pemerintah di Udupi, sebuah kota pesisir di Karnataka, mulai menolak masuk ke gadis-gadis yang muncul mengenakan hijab, dengan mengatakan mereka melanggar aturan seragam sekolah.

Para siswa memprotes dengan berkemah di luar sekolah, dan memutuskan belajar di sana, dengan alasan siswa Muslim lama diizinkan mengenakan hijab di sekolah.

Baca Juga: Hijab Dilarang di Kelas, Sekolah di India Ditutup Akibat Demonstrasi Berujung Ricuh

Polisi berjaga di gerbang kampus Mahatma Gandhi Memorial setelah mahasiswi berhijab dilarang masuk ke kampus di Udupi, negara bagian Karnataka, India, 24 Februari 2022. Untuk meredam ketegangan, negara bagian Karnataka, diperintah oleh Perdana Menteri Partai Bharatiya Janata Narendra Modi, menutup sekolah dan perguruan tinggi selama tiga hari. (Sumber: AP Photo/Aijaz Rahi)

Lebih banyak sekolah di negara bagian memberlakukan larangan serupa, memicu demonstrasi oleh ratusan siswa perempuan Muslim.

Protes itu menyebabkan protes balasan oleh siswa Hindu yang mengenakan selendang safron, warna yang terkait erat dengan agama Hindu India dan disukai oleh nasionalis Hindu.

Untuk meredakan ketegangan, negara bagian yang diperintah oleh Partai Bharatiya Janata pimpinan Modi, menutup sekolah dan perguruan tinggi selama tiga hari.

Kemudian pemerintah setempat memberlakukan larangan hijab di sekolah, yang berlaku di seluruh negara bagian dengan mengatakan "pakaian agama" di sekolah-sekolah yang dikelola pemerintah "mengganggu kesetaraan, integritas dan hukum serta ketertiban publik."

Baca Juga: Siswi Berhijab Dilarang Masuk Kelas di India, Para Pelajar Marah: Hijab Adalah Kebanggaan Saya

Aliya Assadi, kiri, bercakap dengan teman di Udupi, Karnataka, (24/2/2022). Assadi adalah satu dari enam siswa yang menggugat untuk membatalkan aturan negara bagian yang melarang hijab di sekolah, karena melanggar hak atas pendidikan dan kebebasan beragama. Pengadilan India, Selasa, menguatkan larangan hijab, menganggap itu bukanlah praktik agama yang penting dalam Islam. (Sumber: AP Photo/Aijaz Rahi)

Beberapa siswa menyerah dan hadir dengan kepala terbuka. Yang lain menolak membuka hijab mereka dan langsung dilarang masuk ke sekolah selama hampir dua bulan, termasuk siswa bernama Ayesha Anwar, seorang anak berusia 18 tahun di Udupi yang harus melewatkan ujian dan tertinggal dari teman-temannya.

“Saya merasa kita dikecewakan oleh semua orang,” kata Ayesha saat dikelilingi teman-temannya di kafe, suaranya lirih dari balik kerudung kainnya.

Enam siswi menggugat agar pengadilan membatalkan larangan negara, yang sekarang justru dikuatkan oleh pengadilan tinggi. 

Enam siswi itu menggugat dengan alasan pelarangan itu melanggar hak mereka atas pendidikan dan kebebasan beragama. Salah satu penggugat tantangan itu adalah Aliya Assadi.

“Saya orang India dan Muslim,” katanya. “Ketika saya melihat ini dari sudut pandang seorang Muslim, saya melihat hijab saya dipertaruhkan, dan sebagai orang India, saya melihat nilai-nilai konstitusional saya dilanggar.”

Aktivisme Aliya ternyata harus dibayar mahal. Kelompok nasionalis Hindu membocorkan detail pribadinya di media sosial, membuatnya dibanjiri umpatan dan pelecehan online.

Aliya lalu kehilangan teman-teman yang menggambarkan tindakannya sebagai fundamentalisme Muslim.

Tapi Aliya teguh tentang memakai hijab. Dia pertama kali melakukannya sebagai seorang anak, meniru ibunya, dengan hati-hati mengatur hijab di depan cermin setiap pagi.

Baca Juga: Gara-Gara Pakai Hijab, Mahasiswi di India Dilarang Masuk Kelas

Pengunjuk rasa menentang pelarangan gadis Muslim mengenakan hijab di lembaga pendidikan di negara bagian Karnataka selatan, 19 Februari 2022. Kehebohan dimulai pada Januari ketika staf di sebuah perguruan tinggi junior yang dikelola pemerintah di Udupi, sebuah kota pesisir Karnataka, menolak masuk ke gadis-gadis yang muncul dengan hijab, dengan mengatakan mereka melanggar aturan seragam. (Sumber: AP Photo/Aijaz Rahi)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x