Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

AS Kutuk Serangan Rusia di Pangkalan Militer Ukraina Dekat Polandia: Hentikan Kebrutalan

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 08:17 WIB
as-kutuk-serangan-rusia-di-pangkalan-militer-ukraina-dekat-polandia-hentikan-kebrutalan
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengutuk serangan Rusia atas pangkalan militer Ukraina dekat perbatasan Polandia hari Minggu pagi, mendesak semua kebrutalan dihentikan saat perang semakin dekat ke pintu depan NATO, seperti dilansir CNN, Senin, (14/3/2022) (Sumber: Olivier Douliery/Pool/CNN)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengutuk serangan Rusia atas pangkalan militer Ukraina di Yavoriv dekat perbatasan Polandia hari Minggu pagi, mendesak semua "kebrutalan" dihentikan saat perang semakin dekat ke pintu depan NATO, seperti dilansir CNN, Senin, (14/3/2022)

"Kami mengutuk serangan rudal Federasi Rusia di Pusat Internasional untuk Penjaga Perdamaian dan Keamanan di Yavoriv, dekat perbatasan Ukraina dengan Polandia," cuit Blinken, hari Minggu, (13/3/2022)

35 orang tewas dan 134 terluka setelah lebih dari 30 rudal ditembakkan ke pangkalan militer Minggu pagi. Pusat Perdamaian dan Keamanan Internasional adalah pangkalan militer besar yang mencakup pusat pelatihan untuk tentara dan pernah menampung pasukan Amerika Serikat dan NATO di masa lalu, termasuk latihan militer negara-negara NATO.

Baca Juga: Serang Pangkalan Ukraina dengan Rudal, Rusia Klaim 180 Tentara Bayaran Tewas

Rusia mengklaim gelombang serangan puluhan rudalnya hancurkan pangkalan militer Yavoriv dan 180 tentara bayaran asing termasuk persenjataan Barat yang disuplai untuk Ukraina, seperti dilaporkan Associated Press, Senin, (14/3/2022). Yavoriv terletak di Ukraina barat dekat perbatasan Polandia. (Sumber: New York Times)

Rusia mengklaim gelombang serangan puluhan rudalnya berhasil menghancurkan pangkalan militer di Yavoriv, dan persenjataan Barat yang disuplai untuk Ukraina, termasuk 180 tentara bayaran asing tewas. Yavoriv terletak di Ukraina barat yang dekat dengan perbatasan Polandia.

Sementara itu pejabat pemerintah Ukraina di lokasi mengeklaim korban tewas serangan di pangkalan militer itu 35 orang. Pangkalan tersebut berfungsi sebagai pusat kerja sama Ukraina dan NATO untuk mempertahankan diri dari serangan Rusia.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov dikutip Associated Press, Senin (14/3/2022), mengakui Moskow menyerang "pusat pelatihan Angkatan Bersenjata Ukraina" di Starychi dan pangkalan militer Yavoriv, di wilayah Lviv barat negara itu.



Sumber : Kompas TV / CNN / Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x