Kompas TV internasional kompas dunia

Teroris ISIS Kini Dipimpin Kakak Abu Bakr al-Baghdadi, Bernama Juma Awad al-Badri

Kompas.tv - 12 Maret 2022, 06:10 WIB
teroris-isis-kini-dipimpin-kakak-abu-bakr-al-baghdadi-bernama-juma-awad-al-badri
Abu Bakar al-Baghdadi, pendiri ISIS. Pemimpin baru kelompok teroris ISIS, Juma Awad al-Badri, yang diumumkan kelompok itu hari Kamis (10/3/2022), adalah kakak dari mantan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi yang mati terbunuh, menurut sumber dua pejabat keamanan Irak dan seorang sumber keamanan Barat. (Sumber: US Department of Defense/Force.net)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BAGHDAD, KOMPAS.TV - Pemimpin baru kelompok teroris ISIS, Juma Awad al-Badri, yang diumumkan pada hari Kamis (10/3/2022), adalah kakak dari mantan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi yang mati terbunuh.

ISIS memberi nama pemimpin barunya Abu al-Hassan al-Hashemi al-Quraishi dalam rekaman pesan audio yang didistribusikan secara online.

Pengumuman itu muncul beberapa minggu setelah kematian Abu Ibrahim al-Quraishi bulan lalu, pria yang pada gilirannya menggantikan Baghdadi pada 2019 dan menjadi khalifah kedua kelompok itu.

Baik Baghdadi dan Quraishi tewas dengan meledakkan diri bersama anggota keluarga selama serangan Amerika Serikat di tempat persembunyian mereka di Suriah utara.

ISIS, penerus Al Qaeda cabang Irak yang terkenal haus darah, berakar pada pemberontakan yang mencatut nama Islam melawan pasukan Amerika Serikat, setelah mereka menginvasi Irak dan menggulingkan pemimpin Irak yang diktator Saddam Hussein tahun 2003.

ISIS dalam bentuknya saat ini muncul dari kekacauan perang saudara di negara tetangga Suriah dekade terakhir dan mengambil alih sebagian besar Irak dan Suriah pada tahun 2014.

Baca Juga: AS Buru Pemimpin ISIS Afghanistan, Kepalanya Dihargai Imbalan Rp143 Miliar

Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi bekas pengganti Abu Bakar al-Baghdadi. Pemimpin baru kelompok teroris ISIS, Juma Awad al-Badri, adalah kakak dari mantan bos ISIS Abu Bakr al-Baghdadi yang mati terbunuh, menurut sumber dua pejabat keamanan Irak dan seorang sumber keamanan Barat. (Sumber: Straits Times)

Baghdadi mendeklarasikan apa yang mereka klaim sebagai kekhalifahan Islam dari sebuah masjid di kota Mosul, Irak utara pada tahun 2014 dan memproklamirkan dirinya sendiri sebagai khalifah seluruh umat Islam.

ISIS saat menduduki berbagai wilayah menerapkan aturan yang sangat brutal. Kelompok tersebut membunuh dan mengeksekusi ribuan orang dengan penuh kekejian berdasarkan terjemahan sempit dan sesat mereka tentang Islam, seperti pandangan umat Muslim seluruh dunia.

Riwayat ISIS berakhir di Mosul saat pasukan Irak dan koalisi menghancurkan kelompok itu di sana tahun 2017.

Ribuan militan yang tersisa dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar kocar-kacir dan bersembunyi di wilayah terpencil tetapi masih mampu melakukan serangan kecil-kecilan namun dengan korban sipil signifikan.

Nama asli pemimpin baru itu adalah Juma Awad al-Badri, warga Irak, kakak laki-laki Baghdadi, menurut sumber dua pejabat keamanan Irak dan seorang sumber keamanan Barat, seperti dilansir Straits Times, Jumat (11/3/2022).

Seorang pejabat keamanan Barat memastikan kedua pria itu bersaudara tetapi tidak merinci mana yang lebih tua.

Fakta ini pertama kali terungkap sejak ISIS mengumumkan pemimpin barunya. Para pejabat Irak dan Barat berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x