Kompas TV internasional kompas dunia

Museum Holocaust Israel Minta Miliarder Rusia Roman Abramovich Dikecualikan dari Sanksi AS

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 12:32 WIB
museum-holocaust-israel-minta-miliarder-rusia-roman-abramovich-dikecualikan-dari-sanksi-as
Pemilik klub sepak bola Chelsea Roman Abramovich. Foto diambil di Gothenburg, Swedia, pada 16 Mei 2021. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner, File)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Desy Afrianti

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Museum dan tugu peringatan Holocaust Israel, Yad Vashem, meminta agar miliarder Rusia, Roman Abramovich, dikecualikan dari sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) kepada Rusia.

The Washington Post, Rabu (2/3/2022), melaporkan, dalam sebuah surat kepada Duta Besar AS Tom Nides, Yad Vashem bersama Rabi Ashkenazi Israel, David Lau, dan Direktur Sheba Medical Center, Yitshak Kreiss, meminta Washington tidak menjatuhkan sanksi kepada Abramovich, donor utama museum Holocaust Israel dan kampanye-kampanye Yahudi lainnya.

Mereka mengatakan, sanksi terhadap Abramovich, pemilik klub Liga Inggris Chelsea dan juga pendukung setia Presiden Rusia Vladimir Putin, akan berdampak buruk bagi institusi-institusi Yahudi yang bergantung pada donasinya.

Kepala Yad Vashem Dani Dayan mengatakan, Abramovich adalah donor pribadi terbesar kedua bagi museum tersebut setelah mendiang Sheldon Adelson dan jandanya, Miriam.

"Tuan Abramovich telah berkontribusi kepada kampanye-kampanye berharga selama lebih dari satu dekade," ungkap Dayan.

"Sejauh yang saya tahu, Tuan Abramovich tidak memiliki hubungan apapun dengan Tuan Putin."

Baca Juga: Zelensky Tiga Kali Jadi Target Pembunuhan Sejak Rusia Serang Ukraina, Bisa Selamat Berkat Hal Ini

Pada Rabu (2/3/2022) lalu, Abramovich mengumumkan akan menjual klub miliknya, Chelsea.

"Dalam situasi saat ini, saya sudah...mengambil keputusan untuk menjual klub ini, karena saya yakin ini yang terbaik bagi kepentingan klub, penggemar, para karyawan, juga sponsor dan mitra klub," kata Abramovich dalam sebuah pernyataan yang diunggah di laman web Chelsea.

Sementara itu, para pejabat Israel sebelumnya telah mengatakan mendukung Ukraina, negara dengan kepala negara Yahudi satu-satunya selain Israel, dan menyebutnya sebagai sekutu.



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x