Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Klaim Telah Rebut Kota Pelabuhan di Ukraina

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 05:39 WIB
rusia-klaim-telah-rebut-kota-pelabuhan-di-ukraina
Kendaraan perang Ukraina bergerak menuju perbatasan de-facto dengan Krimea, di dekat kota pelabuhan Kherson. Pada Rabu (3/3/2022) Rusia mengklaim telah merebut kota Kherson. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

KHERSON, KOMPAS.TV — Seorang pejabat Rusia mengatakan bahwa pasukan mereka telah merebut kota pelabuhan Ukraina, yaitu Kherson, Rabu (2/3/2022). Namun demikian, klaim ini dibantah oleh militer Ukraina.

“Kota tersebut berada di bawah kontrol penuh tentara Rusia,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov, seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Resolusi PBB Tuntut Rusia Hentikan Invasi ke Ukraina Disetujui 141 Negara, Indonesia Termasuk Setuju

Dia mengatakan bahwa infrastruktur sipil kota, fasilitas penting, dan transportasi tetap beroperasi seperti biasa.

Selain itu, menurutnya, warga kota tidak mengalami kekurangan makanan atau kebutuhan-kebutuhan penting lainnya.

Konashenkov mengatakan, dialog antara komandan Rusia dengan pemerintah kota dan otoritas regional tentang bagaimana menjaga ketertiban di kota tersebut berlangsung pada Rabu. Namun demikian klaim ini belum dapat diverifikasi.

Seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka telah mengetahui klaim bahwa Rusia telah mengambilalih kota Kherson, tetapi militer Ukraina menolak klaim itu.

Baca Juga: Diserang Rudal Rusia, Gedung Kementerian Dalam Negeri di Kota Kharkiv Ukraina Terbakar

“Pandangan kami adalah bahwa Kherson adalah kota yang sangat diperebutkan pada saat ini,” kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim kepada The Associated Press.

Sebelumnya diberitakan, Rusia telah meluaskan serangannya hingga ke wilayah-wilayah sipil. Mereka menyerang menara televisi di Kiev dan alun-alun kota Kharkiv.

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x