Kompas TV internasional kompas dunia

Serahkan Surat Kepercayaan, Fientje Suebu Resmi Menjabat Sebagai Dubes RI Untuk Selandia Baru

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 06:50 WIB
serahkan-surat-kepercayaan-fientje-suebu-resmi-menjabat-sebagai-dubes-ri-untuk-selandia-baru
Dubes RI untuk Selandia Baru Fientje Suebu menyerahkan surat kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Selandia Baru Dame Cindy Kiro di Government House Wellington, Selasa (22/2/2022). Dubes Fientje merupakan perempuan Papua pertama yang dilantik menjadi Dubes RI. (Sumber: Government House New Zealand dan New Zealand Ministry of Foreign Affairs.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Duta Besar RI Fientje Maritje Suebu, telah resmi menjalankan penugasan sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Selandia Baru. Peresmian dilakukan dengan penyerahan Surat-Surat Kepercayaan (Letter of Credence) kepada Gubernur Jenderal Selandia Baru, Dame Cindy Kiro, di Government House Wellington, Selasa (22/2/ 2022). 

Gubernur Jenderal Cindy Kiro merupakan keturunan Maori, suku asli Selandia Baru. Ia menyampaikan ucapan selamat kepada Dubes Fientje sebagai perempuan asal Papua pertama yang menjadi Duta Besar. 

Dengan penyerahan Surat-Surat Kepercayaan ini, Dubes Fientje, menjadi wakil resmi Pemerintah Indonesia dalam hubungan bilateral dengan Selandia Baru. 

Baca Juga: Momen Unik Pemain Timnas Putri Selandia Baru Cetak Perfect Hat-trick ke Gawang Sendiri

“Saya berkomitmen dan siap untuk memperkuat hubungan Indonesia-Selandia Baru dalam berbagai aspek kerjasama. Saya juga sangat berharap kedua negara dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan-tujuan bersama yang dapat bermanfaat bagi masyarakat kedua negara,” ujar Dubes Fientje seperti dikutip dari Siaran Pers yang diterima Kompas TV dari KBRI Wellington.

Tahun 2022 merupakan tahun ke-64 dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Selandia Baru. Sejak kunjungan Presiden RI ke Selandia Baru tahun 2018, telah banyak inisiatif kerjasama yang dilakukan kedua negara dalam bidang-bidang seperti ekonomi, sosial budaya, dan hubungan antarmasyarakat. 

Baca Juga: Wow, Polisi Selandia Baru Pakai Lagu Baby Shark dan Let It Go Frozen Hadapi Demonstran Anti-Vaksin

“Saya sangat berkeyakinan bahwa akan lebih banyak lagi ide-ide baik dan program bermanfaat di masa yang akan datang,” tambah Dubes Fientje.

Gubernur Jenderal Cindy Kiro dalam sambutan balasannya menyampaikan salam hangat kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia. Ia juga menekankan bahwa kedua negara akan terus bekerjasama dalam penanganan pandemi serta dalam aspek-aspek lain seperti energi terbarukan, lingkungan hidup serta penguatan peran perempuan.

Dalam upacara penyerahan Surat-Surat Kepercayaan, Gubernur Jenderal didampingi oleh Kepala Protokol dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru, Duta Besar Rodney Harris, Kepala Sekretariat Gubernur Jenderal serta pejabat-pejabat dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru.

Baca Juga: Negara Terindah di Dunia adalah Indonesia, Selandia Baru Lewat!

Sementara Dubes Fientje didampingi oleh suami, Philipus Sarwom, Koordinator Fungsi Politik KBRI Wellington, Indah Nuria Savitri, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Wellington, Reza Reflusmen serta Atase Pertahanan RI di Wellington, Herwanto Setiyono.

Kegiatan penyerahan dilakukan dengan protokol kesehatan yang saat ini berlaku di Selandia Baru. Jumlah petugas yang terlibat dibatasi dan peserta kegiatan diwajibkan memakai masker. Saat ini Selandia Baru berada dalam kondisi Lampu Merah (Red Light setting) dimana perkumpulan dibatasi tidak boleh lebih dari 100 orang. 


 



Sumber : KBRI Wellington


BERITA LAINNYA



Close Ads x