Kompas TV internasional kompas dunia

Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia dan Jerman Rilis Logo Hasil Sayembara

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 22:01 WIB
peringati-70-tahun-hubungan-diplomatik-indonesia-dan-jerman-rilis-logo-hasil-sayembara
Dubes RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno dan Dubes Jerman untuk Indonesia Ina Lepel menghadiri acara peluncuran logo peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman, Senin (21/2/2022). (Sumber: KBRI Berlin)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia dan Jerman memperingati 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik pada 2022. Terdapat serangkaian kegiatan untuk memperingati momen berharga ini, salah satunya adalah peluncuran logo khusus.

Logo peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman itu dipilih melalui sayembara. Sejumlah pejabat kedua negara menghadiri peluncuran logo ini secara virtual pada Senin (22/2/2022).

Acara peluncuran logo dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno dan Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel. Pejabat Kementerian Luar Negeri masing-masing negara dan pemangku kepentingan dari berbagai sektor juga hadir.

Menurut Dubes Oegroseno, peluncuran logo ini adalah langkah awal untuk memulai serangkaian program kerja sama yang sudah disiapkan dalam peringatan 70 tahun hubungan bilateral.

Suksesor Fauzi Bowo ini menyebut kerja sama kesehatan menjadi prioritas di tengah situasi pandemi. Ia juga memuji antusiasme peserta sayembara dari kedua negara.

“Banyaknya peserta dari kedua negara yang mengikuti kompetisi desain logo ini menjadi bukti kuat semakin meningkatnya people to people contact antara Jerman dan Indonesia,” kata Dubes Oegroseno sebagaimana dilansir siaran pers KBRI Berlin.

Baca Juga: Heboh di Indonesia, Arab Saudi dan Mesir Juga Atur Pengeras Suara Masjid

Senada dengan Oegroseno, Dubes Ina Lepel juga mengaku terkesan dengan antusiasme peserta dari Jerman maupun Indonesia.

“Mereka sangat kreatif dan inovatif. Logo yang dibuat merefleksikan hubungan dinamis antara Indonesia-Jerman dengan simbol dan paduan warna bendera kedua negara,” kata Lepel.

Sayembara logo peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman berlangsung dari 15 November 2021 hingga 26 Januari 2022. Totalnya, terdapat 184 kontestan yang mengikuti sayembara.

Setelah melalui proses penjurian, ditetapkan tiga pemenang, yakni Ahmad Nurohman sebagai pemenang pertama, Deri Setyawan pemenang kedua, dan Abdillah Danardana pemenang ketiga.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x