Kompas TV internasional kompas dunia

Dianggap Kerap Merundung dan Bertutur yang Merendahkan Staf, Pejabat Tinggi Amerika Serikat Mundur

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 13:02 WIB
dianggap-kerap-merundung-dan-bertutur-yang-merendahkan-staf-pejabat-tinggi-amerika-serikat-mundur
Penasihat sains pemerintah Amerika Serikat, Eric Lander, mengundurkan diri hari Senin (7/2/2022) setelah ketahuan melakukan perundungan dan berbicara dengan kata-kata dan nada yang merendahkan stafnya, perilaku yang Presiden Joe Biden bersumpah tidak akan dia toleransi ketika dia menjabat, (Sumber: Straits Times )
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Penasihat sains pemerintah Amerika Serikat, Eric Lander, yang membantu memetakan genom manusia, mengundurkan diri hari Senin (7/2/2022) setelah ketahuan merundung dan bicara menggunakan kata-kata bernada merendahkan stafnya, perilaku yang Presiden Joe Biden bersumpah tidak akan dia toleransi ketika dia menjabat, seperti dilaporkan Straits Times, Selasa, (8/2/2022).

"Saya merasa hancur karena saya telah melukai rekan-rekan saya di masa lalu dan sekarang dengan cara saya berbicara dengan mereka," tulisan dalam surat pengunduran diri Dr Lander.

"Saya berusaha untuk mendorong diri saya dan rekan-rekan saya untuk mencapai tujuan bersama kita,termasuk kadang-kadang menantang dan mengkritik," kutipan pernyataannya sambil mengakui dia "kadang-kadang melewati batas menjadi tidak sopan dan merendahkan.".

Dr Lander diangkat sebagai direktur Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi pada Januari tahun lalu di bawah pemerintahan Joe Biden, yang mengangkat posisi penasihat sains Gedung Putih ke tingkat Kabinet, sebuah terobosan dari kebijakan mantan presiden Donald Trump ketika Amerika bergulat dengan pandemi Covid -19.

Biden, seorang Demokrat, juga menetapkan untuk menarik garis pembeda dengan pemerintahan pendahulunya dari Partai Republik, dengan berkomitmen untuk menjaga lingkungan kerja yang terhormat dan profesional.

Baca Juga: Staf WHO Wilayah Pasifik Barat Keluhkan Direkturnya Lakukan Rasisme, Intimidasi, dan Kasar

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki saat mengumumkan pengunduran diri pejabat tinggi gedung putih, Eric Lander, karena terbukti kerap mengintimidasi dan berbicara yang merendahkan staf. (Sumber: Associated Press)

"Jika Anda pernah bekerja dengan saya dan saya mendengar Anda memperlakukan rekan kerja lain dengan tidak hormat, berbicaralah dengan seseorang, saya berjanji akan memecat Anda di tempat," kata Biden kepada staf pada hari pertama di kantor.

Dr Lander mengundurkan diri setelah review internal Gedung Putih yang dipicu oleh pengaduan yang diajukan tahun lalu menemukan "bukti yang dapat dipercaya" bahwa ilmuwan top itu "menindas" terhadap banyak anggota staf, seperti dilaporkan Politico yang dikutip Straits Times.

Dr Lander memimpin prakarsa "moonshot" kanker Biden, yang diluncurkan kembali bulan ini dengan tujuan memangkas angka kematian Amerika Serikat akibat penyakit kanker hingga setengahnya.

Biden mengucapkan terima kasih atas pekerjaan Dr Lander pada "pandemi Covid-19, Cancer Moonshot, perubahan iklim, dan prioritas utama lainnya", dan tahu dia "akan terus memberikan kontribusi penting bagi komunitas ilmiah", kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki.




Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x