Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Daftar 5 Tank Tempur Terkuat di Dunia

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 09:49 WIB
ini-daftar-5-tank-tempur-terkuat-di-dunia
Tank angkatan bersenjata Tajikistan tampak dalam latihan militer gabungan dengan Rusia dan Uzbekistan di dekat perbatasan Tajikistann-Afghanistan, Selasa (10/8/2021). (Sumber: ANTARA/Reuters)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kekuatan militer merupakan hal penting bagi suatu negara, khususnya untuk mempertahankan kedaulatan dari serangan maupun ancaman.

Sejumlah negara dengan kecanggihan teknologi yang dimilikinya, telah memproduksi alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Satu dari aneka piranti tempur militer yang cukup populer adalah tank tempur. Dari beragam jenis tank tempur, tentu kekuatan dan keistimewaannya berbeda antara satu dan lainnya. Namun sejumlah tipe dianggap tank paling kuat saat ini. 

Mengutip Military Today, berikut 5 tank terkuat di dunia:

1. Leopard 2A7

Tank buatan Jerman ini merupakan versi terbaru dari desain Leopard 2, yang kekuatannya sudah terbukti.

Pelapis baja besi tambahan pada tank ini membuatnyaterlindungi dengan baik dari ancaman perang konvensional.

BUkan hanya itu, akurasi dan jangkauan tembak dari tank ini lebih jauh dibandingkan dengan tank lain, karena sistem senjatanya yang kuat serta sistem pengendalian tembakan yang canggih.

Tank ini menggunakan mesin diesel multi bahan bakar. Angkatan Darat Jerman telah memesan tank Leopard 2A7 ini sejak 2014.

2. K2 Black Panther

Tank buatan Korea Selatan ini disebut-sebut sebagai salah satu tank tempur utama tercanggih di dunia, mengungguli milik Korea Utara atau China.

Saat ini, K2 Black Panther merupakan tank tempur utama yang paling mahal. Pengiriman tank K2 Black Panther dimulai ke Angkatan Darat Korea Selatan pada 2016.

Tank ini menggunakan armor komposit tipe yang dirahasiakan dan modul armor reaktif yang eksplosif.

Tank ini memiliki sistem pengendalian tembakan yang sangat canggih dengan dapat melihat, melacak, dan menembak secara otomatis pada target ukuran kendaraan yang terlihat, bahkan helikopter yang terbang rendah tanpa memerlukan operator manusia.

Armor depan diklaim mampu menahan serangan langsung dari peluru tank 120 mm, yang ditembakkan dari senjata L55.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x