Kompas TV internasional kompas dunia

Pertama dalam Sejarah Arab Saudi, Perempuan Boleh Ikut dalam Kontes Kecantikan Unta

Kompas.tv - 9 Januari 2022, 16:29 WIB
pertama-dalam-sejarah-arab-saudi-perempuan-boleh-ikut-dalam-kontes-kecantikan-unta
Perempuan-perempuan Arab di festival kecantikan Unta. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Arab Saudi, kaum perempuan diperbolehkan ikut berkompetisi dalam festival kecantikan unta. (Sumber: Fayez Nureldine/AFP)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

ARAB SAUDI, KOMPAS.TV -  Ada yang unik dalam festival unta tahun ini yang digelar di Riyadh, Arab Saudi. Kontes yang sudah memasuki tahun keenam tersebut, kali ini melibatkan perempuan, lengkap dengan unta-unta mereka untuk dipamerkan dan dipilih sebagai yang terbaik.

Festival yang bernama 'King Abdul Aziz Camel Festival' itu pada Sabtu (8/1/2022) telah mengumumkan pemenang kontes kecantikan tersebut di kategori putri.

Dalam gelaran ini juga melibatkan sebuah unta bernama Almughateer, unta yang terkenal di kalangan penduduk di seluruh semenanjung Arab.

Suku-suku di Arab sendiri membagi unta cantik Almughateer ini berdasarkan warnanya. Mulai dari corak putih hingga merah, semua ada makna tersendiri.

Pada kontes kali ini, sebagaimana dikutip dari Arab News, Sabtu, dewan juri memilih Haya Al-Askar sebagai juara 1 dalam kontes kecantikan unta tersebut.

Baca Juga: Kerajaan Arab Saudi Bebaskan Putri Basmah, Anak Bungsu Mantan Raja Saud bin Abdulaziz

Berturut-turut, Rasma Al-Dosari ditetapkan juri menjadi juara kedua, Malath binti Aoun di posisi ketiga, Lamia Al-Rashidi di posisi keempat, dan Dalal binti Abdullah Al-Otaibi di posisi kelima.

Al-Rashidi, salah satu pemenang, mengaku bergembira bisa ambil bagian festival ini. Apalagi ia menjadi perempuan Saudi pertama yang ikut serta di festival tahunan ini.

“Saya ingin berterima kasih kepada Raja Salman karena mengizinkan kami para perempuan di kesempatan luar biasa ini. Saya bercita-cita untuk berpartisipasi tahun depan di festival unta, dan mudah-mudahan memenangi tempat pertama,” kata Al-Rashidi sebagaimana dikutip Arab News.

Baca Juga: Ngamuk Raja Salman Disebut Teroris oleh Hizbullah, Arab Saudi: Mereka Ancaman bagi Negara Arab

Hal senada juga diutarakan Munira Al-Muskhas, yang juga ikut serta dalam festival itu. Ia mengaku bahagia karena bisa berpartisipasi dalam festival yang biasanya hanya diisi laki-laki.

“Saya mengundang perempuan-perempuan Arab datang ke festival ini. Saya bangga jadi bagian dalam festival ini, dan unta kesayangan bisa masuk jajaran 10 besar,” tandasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x