Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap, Suara Ledakan di Hari Tahun Baru di Pittsburgh Ternyata Ledakan Meteor

Kompas.tv - 4 Januari 2022, 07:04 WIB
terungkap-suara-ledakan-di-hari-tahun-baru-di-pittsburgh-ternyata-ledakan-meteor
Ilustrasi meteor jatuh. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

PITTSBURGH, KOMPAS.TV — Warga di South Hills, Pittsburgh, Amerika Serikat, mendengar suara keras dan merasakan rumah mereka bergetar dan bergerak pada hari tahun baru. Ternyata suara itu merupakan ledakan meteor di atmosfer yang meledak dengan energi yang setara dengan sekitar 30 ton TNT. 

Situs media sosial Meteor Watch NASA mengatakan bahwa meteor itu berkecepatan sekitar 45.000 mph (72.420 kph), berdiameter sekitar satu yard (sekitar 0.9 meter) dan memiliki massa sekitar 454 kilogram.

Baca Juga: Nanti Malam Ada Hujan Meteor Geminid, Ini Waktu yang Tepat dan Cara Menyaksikannya

“Jika cuaca mendung, meteor itu akan mudah terlihat di langit pada siang hari. Mungkin cahayanya sekitar 100 kali kecerahan bulan purnama,” ujar NASA seperti dikutip dari The Associated Press.

Ahli meteorologi National Weather Service Shannon Hefferan mengatakan kepada Tribune-Review bahwa data satelit merekam kilatan di atas Washington County, tak lama sebelum pukul 11:30 pada hari Sabtu (1/1/2022).

Baca Juga: Meteor Jatuh ke Rumah Berjarak Beberapa Senti dari Kepala dan Hampir Tewaskan Seorang Perempuan

Para pejabat NASA percaya peristiwa ini merupakan meteor yang jatuh melalui atmosfer. Hefferan mengatakan, peristiwa serupa pernah terjadi sebelumnya, yaitu pada 17 September di Hardy County, West Virginia.

Penduduk di South Hills dan daerah lain melaporkan mendengar suara keras dan merasakan rumah mereka bergetar dan berderak. Pejabat wilayah Allegheny mengatakan mereka telah mengkonfirmasi bahwa tidak ada aktivitas seismik yang terjadi akibat peristiwa ini. Selain itu juga tidak ada guntur dan kilat yang terjadi.
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x