Kompas TV internasional kompas dunia

Kasus COVID-19 di AS Terus Menanjak, Menhan Pun Dinyatakan Positif COVID-19

Kompas.tv - 3 Januari 2022, 11:14 WIB
kasus-covid-19-di-as-terus-menanjak-menhan-pun-dinyatakan-positif-covid-19
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin menyatakan bahwa dirinya positif COVID-19, Minggu (2/1/2022). Ia mengalami gejala ringan dan melakukan isolasi mendiri di rumahnya.

Dalam sebuah pernyataan Minggu malam, Austin mengatakan dia akan menghadiri pertemuan-pertemuan dan diskusi-diskusi penting secara virtual pada minggu mendatang.

Menurutnya Wakil Menhan Kathleen Hicks akan mewakilinya untuk kegiatan-kegiatan yang harus dihadiri.

Baca Juga: Ketika Prabowo Dipuji Menhan Amerika Serikat Karena Hal Ini

Seperti dikutip dari The Associated Press, Austin mengatakan dia terakhir bertemu dengan Presiden Joe Biden pada 21 Desember, lebih dari seminggu sebelum dia mulai mengalami gejala.

"Saya telah memberi tahu tim saya tentang hasil tes saya yang positif. Saya juga telah memberi tahu Presiden," kata Austin. “Staf saya telah memulai pelacakan kontak dan pengujian semua orang yang telah saya temui selama seminggu terakhir,” tambahnya.

Austin, 68, mengatakan dia telah divaksinasi penuh dan menerima vaksin booster pada Oktober lalu. Dia mengatakan dia meminta tes Minggu pagi setelah mengalami gejala saat di cuti dari berada di rumah.

Baca Juga: Menhan Amerika Lloyd J. Austin Telepon Prabowo, Ini Yang Dibicarakan!

Dengan hasil positif ini, ia akan melakukan isolasi mandiri selama lima hari, sesuai pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

“Vaksin berfungsi dan akan tetap menjadi persyaratan medis militer untuk tenaga kerja kami. Saya terus mendorong semua orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan booster,” katanya.

Austin bukanlah menteri pertama dalam kabinet Biden yang pernah terjangit COVID-19. Pada bulan Oktober lalu, anggota Kabinet Biden lainnya, yaitu Menteri Keamanan Dalam Negeri Alejandro Mayorkas, dinyatakan positif COVID-19.
 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x