Kompas TV internasional kompas dunia

Staf Dekat Presiden AS Joe Biden Positif Covid-19

Kompas.tv - 21 Desember 2021, 11:12 WIB
staf-dekat-presiden-as-joe-biden-positif-covid-19
Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki dalam jumpa pers di Gedung Putih, Washington, AS, Minggu (19/12/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah melakukan kontak erat dengan seorang anggota stafnya, yang kemudian dites positif virus corona. Staf tersebut mengalami gejala COVID-19.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin (20/12/2021) malam bahwa anggota staf tersebut dinyatakan positif pada hari Minggu (19/12/2021). 

Psaki mengatakan bahwa staf tersebut menghabiskan waktu sekitar 30 menit di dekat Presiden Biden, tepatnya ketika berada di pesawat kepresidenan AS, Air Force One, pada Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: Presiden Biden Peringatkan Presiden Putin Soal Serangan ke Ukraina

Seperti dikutip dari The Associated Press, staf tersebut dan Presiden Biden berada bersama dalam pesawat kepresidenan ketika dalam perjalanan dari Orange, Carolina Selatan, ke Philadelphia.

Psaki mengatakan staf tersebut telah divaksinasi penuh dan telah menunjukkan hasil tes negatif sebelum menaiki Air Force One. Namun demikian, staf tersebut mulai menunjukkan gejala COVID-19 pada Minggu malam.

Baca Juga: Duka Joe Biden Atas Terjangan Tornado di Amerika Serikat

Psaki mengatakan Biden yang berusia 79 tahun selalu melakukan tes COVID-19 secara rutin. Dia telah dua kali melakukan tes COVID-19 sejak hari Minggu dan tes menunjukkan hasil yang negatif. 

Meskipun demikian, Biden akan melakukan tes COVID-19 kembali pada Rabu besok.

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x