Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Putin Klaim Vaksin Sputnik Ampuh Basmi Omicron

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 12:29 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Presiden Rusia Vladimir Putin memuji efisiensi vaksin virus corona Sputnik V negara itu terhadap varian omicron, Jumat (17/12/2021) waktu setempat.

Dilansir dari APTN, Presiden Putin mengatakan Sputnik V mungkin lebih efektif dalam memerangi omicron daripada vaksin lain yang digunakan di dunia.

"Sputnik V bekerja dengan baik, sejauh yang kami tahu, spesialis akan memberikan perkiraan akhir dalam waktu seminggu, dan mungkin (ini) lebih efektif dalam memerangi omicron daripada vaksin lain yang digunakan di dunia.”ucap Putin dikutip dari APTN.

Baca Juga: Putin dan Xi Jinping akan Gelar Pertemuan Virtual, Ini Bahasannya

Hal itu disampaikan Putin di sebuah konvensi Persatuan Industrialis dan Pengusaha Rusia di Moskow.

“Kematian di negara ini agak meningkat. Sebagian besar, ini terkait dengan COVID-19. Tidak mungkin menilai dampak (virus), tetapi bukan karena seseorang berusaha menyembunyikan apa pun. Lihat apa yang terjadi di negara-negara yang relatif makmur. Saya merujuk, khususnya, pada penyebaran omicron baru. Konsekuensi masih belum jelas. Beberapa ilmuwan mengatakan itu adalah bentuk yang lebih ringan (dari COVID-19), yang lain berbicara tentang kemungkinan konsekuensi berat setelah orang pulih dari Covid.”ucap Putin.

Pengembang Sputnik V Rusia mengatakan pada hari Jumat bahwa vaksinnya memberikan perlindungan terbaik terhadap varian omicron.

Mereka membantah penelitian Barat yang menemukan bahwa Sputnik tidak menghasilkan antibodi terhadapnya.

Video Editor: Rian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x