Kompas TV internasional kompas dunia

Putin dan Xi Jinping akan Gelar Pertemuan Virtual, Ini Bahasannya

Kompas.tv - 13 Desember 2021, 18:26 WIB
putin-dan-xi-jinping-akan-gelar-pertemuan-virtual-ini-bahasannya
Ilustrasi. Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Vladimir Putin di Moskow, Rusia pada Juni 2019. Xi dan Putin akan menggelar pertemuan virtual pada 15 Desember 2021. (Sumber: Alexander Zemlianichenko/AP Pool)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping akan rapat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan virtual yang dijadwalkan pada Rabu (15/12/2021).

Detail isi dan topik pembicaraan tidak akan dirilis sebelum pertemuan. Namun, secara garis besar, Xi dan Putin akan mendiskusikan hubungan bilateral Rusia-China serta isu-isu internasional.

“Masing-masing kepala negara akan meninjau secara penuh hubungan China-Rusia dan kerja sama di berbagai bidang pada tahun ini,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, Senin (13/12).

Wang menambahkan, Xi dan Putin akan merancang desain pengembangan hubungan bilateral kedua negara untuk tahun depan.

Baca Juga: Waspada, Operasi Mata-Mata Siber China Sasar Pemerintahan di Asia Tenggara

Pertemuan Xi dan Putin digelar di tengah memanasnya situasi Ukraina dan Taiwan. Masing-masing berurusan dengan Amerika Serikat (AS) dalam dua pertentangan tersebut.

China berupaya memaksakan reunifikasi dengan Taiwan. Namun, AS mengaku akan membantu negara-pulau itu kendati tak menjalin hubungan secara resmi.

Sementara itu, NATO dan AS menuduh Rusia berencana menginvasi Ukraina. Moskow pun diancam akan disanksi Barat bila nekat melakukan aksi militer.

Putin sendiri meminta NATO agar tidak menerima Ukraina sebagai anggota. Namun, organisasi pertahanan itu menolak permintaan sang presiden.

Beberapa tahun belakangan, China dan Rusia diketahui meningkatkan kerja sama kebijakan luar negeri untuk melawan dominasi AS secara ekonomi maupun politik.

Baca Juga: Inggris Ikut Ancam Rusia: Serang Ukraina, Siap-Siap Konsekuensi Ekonomi Parah!

 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.