Kompas TV internasional kompas dunia

Salinan Asli Konstitusi AS Terjual 43,2 Juta dollar AS, Ditandatangani George Washington

Kompas.tv - 19 November 2021, 15:32 WIB
salinan-asli-konstitusi-as-terjual-43-2-juta-dollar-as-ditandatangani-george-washington
Salinan resmi cetakan pertama konstitusi Amerika Serikat yang sangat langka terjual seharga 43,2 juta dollar AS atau setara 615 miliar rupiah, rekor dunia untuk dokumen sejarah yang dijual melalui pelelangan (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV – Salinan resmi cetakan pertama konstitusi Amerika Serikat yang sangat langka terjual seharga 43,2 juta dollar AS atau setara Rp615 miliar, rekor dunia untuk dokumen sejarah yang dijual melalui pelelangan, kata balai lelang Sotheby's seperti dilansir France24, Jumat, (19/11/2021). 

Saat ini hanya ada 13 salinan tercetak piagam konstitusi Amerika Serikat yang masih ada, menurut Sotheby's, di mana dokumen utama ditandatangani 17 September 1787 di Philadelphia's Independence Hall oleh para pendiri Amerika, termasuk George Washington, Benjamin Franklin dan James Madison dan diratifikasi pada tahun berikutnya.

Penawar yang menang tidak segera dapat diidentifikasi.

Baca Juga: Tok! Gelang Berlian Bekas Ratu Prancis Marie Antoinette Terlelang Seharga Rp116 Miliar

Salinan resmi cetakan pertama konstitusi Amerika Serikat yang sangat langka terjual seharga 43,2 juta dollar AS, rekor dunia untuk dokumen sejarah yang dijual melalui pelelangan (Sumber: Sotheby's)

Sekelompok investor cryptocurrency mengumpulkan $40 juta untuk membeli dokumen tersebut tetapi gagal, kata konsorsium ini.

Seorang juru bicara Sotheby mengatakan, penjualan senilai $ 43,2 juta termasuk komisi, adalah rekor dunia untuk dokumen sejarah yang ditawarkan dalam pelelangan.

Selby Kiffer, ahli manuskrip dan buku kuno di Sotheby's, mengatakan pada bulan September bahwa salinan ini mungkin merupakan bagian dari 500 piagam konstitusi yang dicetak pada malam penandatanganan.

Dokumen ini adalah satu-satunya yang berada di tangan pribadi, kata Kiffer.



Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x