Kompas TV internasional kompas dunia

Khotbah Paus Fransiskus: Jangan Hakimi Orang Miskin, Mereka Korban Ketidakadilan

Kompas.tv - 15 November 2021, 02:05 WIB
khotbah-paus-fransiskus-jangan-hakimi-orang-miskin-mereka-korban-ketidakadilan
Paus Fransiskus berkhotbah dalam misa di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada Minggu (14/11/2021). (Sumber: Gregorio Borgia/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

VATIKAN, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus berkhotbah tentang kemiskinan dalam misa Minggu (14/11/2021) di Basilika Santo Petrus, Vatikan. Misa ini dihadiri 2.000 orang miskin.

Dalam khotbahnya, Paus Fransiskus menentang “pengabaian yang terus tumbuh” terhadap orang miskin. Sri Paus menegaskan bahwa orang sering kali dimiskinkan oleh ketidakadilan.

Paus Fransiskus pun mengutuk komunitas yang memperlakukan orang miskin secara berbeda.

Menurutnya, kemiskinan tidak bisa dilepaskan dari sejarah yang penuh ketidakadilan dan kekerasan. 

“Kita adalah bagian dari sejarah yang ditandai dengan kesengsaraan, kekerasan, penderitaan, dan ketidakadilan; selalu menanti pembebasan yang tak kunjung tiba,” kata Paus Fransiskus.

Baca Juga: Paus Fransiskus di Vatikan Tegaskan Dukung Solusi Konflik Palestina - Israel

“Mereka yang paling terluka, tertekan, dan bahkan dihancurkan, adalah orang miskin, tautan terlemah dalam rantai,” imbuhnya.

Sejak menjadi paus pada 2013, Paus Fransiskus sering mengangkat isu mengenai kaum yang termarjinalkan. Gereja Katolik sendiri mendedikasikan hari misa ini bagi orang miskin di dunia.

Menurut Sri Paus, Gereja Katolik mengajak manusia untuk tidak berpaling dari orang miskin.

“Mereka dijerat kemiskinan karena terpaksa, korban ketidakadilan dan ketidaksetaraan dalam masyarakat pembuang yang lewat tanpa melihat mereka dan tanpa ragu membiarkan mereka menghadapi takdir,” kata Paus Fransiskus.

Selain itu, Paus Fransiskus mendesak dilakukannya aksi konkret untuk menyelamatkan Bumi. Pasalnya, orang miskin rentan terhadap berbagai bencana yang di antaranya disebabkan krisis iklim.

“Kecuali doa kita diterjemahkan menjadi kebijakan dan sikap konkret penuh perhatian, keadilan, solidaritas, dan kepedulian terhadap rumah kita bersama, penderitaan kaum miskin tidak akan terlepas. Ekonomi pemborosan yang memaksa mereka hidup di pinggiran tidak akan menghasilkan apa-apa, harapan mereka tidak akan merekah,” kata Sri Paus.

Paus Fransiskus pun mendesak orang-orang untuk “membagi roti kepada orang lapar, bekerja untuk keadilan, mengangkat orang miskin, dan mengembalikan kehormatan mereka”.

Selain orang miskin, khotbah Paus Fransiskus juga didengarkan oleh pekerja sosial yang diundang ke misa.

Baca Juga: Paus Fransiskus Diminta Kunjungi Korea Utara demi Perdamaian



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x