Kompas TV internasional kompas dunia

Pemimpin Muslim Polandia Mulai Bantu Makanan Hangat Para Migran dan Tentara di Perbatasan Belarusia

Kompas.tv - 14 November 2021, 21:58 WIB
pemimpin-muslim-polandia-mulai-bantu-makanan-hangat-para-migran-dan-tentara-di-perbatasan-belarusia
Anggota jamaah Muslim memasak sup untuk para migran di perbatasan Polandia-Belarusia di Bohoniki dekat Sokolka, Polandia, Sabtu, 13 November 2021. (Sumber: AP Photo/Matthias Schrader)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

BOHONIKI, KOMPAS.TV — Maciej Szcz snowicz menangis ketika pertama kali melihat para migran di perbatasan, lapar dan lelah karena terjebak saat mencoba masuk Polandia dari perbatasan Belarus.

Ketua komunitas Muslim lokal di desa Bohoniki, Polandia timur, Szcz snowicz melihat para migran itu sangat lelah sehingga mereka tidak bisa lagi berdiri, sangat lapar.

Mereka bahkan memetik jamur dari tanah untuk dimakan dan ketika diberi apel, mereka sampai memakan bijinya.

Tapi yang paling menyakitkan adalah mendengar suara penderitaan mereka saat kedinginan. "Suara tangisan dan jeritan anak-anak. Itu yang terburuk." kata Szcz snowicz seperti dilansir Associated Press, Minggu, (14/11/2021).

Karena Polandia dimasuki para migran dari Timur Tengah yang menyeberang dari Belarus melalui daerah hutan dan rawa-rawa, Szcz snowicz mulai bekerja membantu mengumpulkan pakaian dan menyiapkan makanan untuk mereka.

Sejumlah besar migran muncul minggu ini di perbatasan Polandia, makin membuat runyam kebuntuan politik antara Uni Eropa dan Belarus.

Dengan penumpukan pasukan Polandia dan Belarus di perbatasan, Szcz snowicz juga membantu memberi makan tentara dan petugas lain yang melindungi negaranya.

Baca Juga: Putin: Rusia Tidak Ada Urusan dengan Ketegangan soal Pengungsi di Perbatasan Polandia - Belarusia

Anggota jamaah Muslim memasak sup untuk para migran di perbatasan Polandia-Belarusia di Bohoniki dekat Sokolka, Polandia, Sabtu, 13 November 2021. (Sumber: AP Photo/Matthias Schrader)

AP mengunjunginya pada hari Sabtu di sebuah restoran di mana dia dan sukarelawan lainnya sedang menyiapkan panci besar berisi sup ayam dan sayuran yang ditujukan untuk tentara dan penjaga lain di perbatasan, tetapi dia berharap makanan itu juga bisa sampai ke para migran.

Sementara zona perbatasan terlarang karena keadaan darurat yang berlaku sejak awal September, pengiriman supnya ke perbatasan telah memberinya akses yang tidak dimiliki orang lain, termasuk melihat situasi penderitaan orang-orang tepat di seberang pagar kawat berduri, di Belarusia.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x