Kompas TV internasional kompas dunia

Total Saham Tesla yang Dijual Elon Musk Sudah Senilai Rp97,9 T

Kompas.tv - 13 November 2021, 19:24 WIB
total-saham-tesla-yang-dijual-elon-musk-sudah-senilai-rp97-9-t
CEO Tesla dan pemilik SpaceX Elon Musk. Miliarder Afrika Selatan itu menjual lebih dari 5,1 juta saham Tesla, di mana sekitar 4,2 juta di antaranya disimpan dalam perwalian. Nilai penjualannya mencapai 6,9 miliar dolar AS yang harus dipotong pajak senilai 1,4 miliar dolar AS. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

NEW YORK, KOMPAS.TV - Bos Tesla Elon Musk menjual saham Tesla senilai 6,9 miliar dolar AS (atau setara Rp97,9 triliun) minggu ini seperti dilansir France24, Sabtu (13/11/2021).

Miliarder Afrika Selatan berusia 50 tahun itu menjual lebih dari 5,1 juta saham Tesla, di mana sekitar 4,2 juta di antaranya disimpan dalam perwalian. Nilai penjualannya mencapai 6,9 miliar dolar AS yang harus dipotong pajak senilai 1,4 miliar dolar AS.

Pelepasan saham secara besar-besaran itu memukul harga saham Tesla, yang merosot 15,4 persen selama seminggu.

Tesla bulan lalu menjadi raksasa teknologi AS terbaru yang mencapai nilai pasar 1 triliun dolar AS.

Aksi jual Musk terjadi beberapa hari setelah dia membuat jajak pendapat Twitter, yang menanyakan apakah dia harus menjual 10 persen sahamnya di Tesla.

Pada hari Sabtu lalu, Musk mencuitkan pesannya, "Banyak yang dibuat akhir-akhir ini dari keuntungan yang belum direalisasi sebagai sarana penghindaran pajak, jadi saya mengusulkan untuk menjual 10 persen saham Tesla saya. Apakah Anda mendukung ini?"

Dalam jajak pendapat, hampir 58 persen dari 3,5 juta suara yang diberikan mendukung dia melanjutkan penjualan.

Baca Juga: Elon Musk Siap Jual Saham Tesla Rp 85 T untuk Atasi Kelaparan, tapi Ada Syaratnya

Saham Tesla meroket 13 persen di bursa Amerika pada perdagangan Senin (25/10/2021) membuat kapitalisasi pasar Tesla menembus 1 triliun dollar AS dan otomatis membuat Elon Musk semakin kaya. (Sumber: AP file)

Saham Tesla anjlok pada pembukaan perdagangan Wall Street pada hari Senin dan jatuh lebih jauh sejak itu.

Saham yang Musk lepas minggu ini dijual dengan harga saham yang jauh lebih rendah daripada jika dia menjual sebelum tweet-nya.

Pengajuan peraturan menunjukkan, pengusaha teknologi itu memulai penjualan saham menjelang jajak pendapat Twitter.

Menurut pengajuan terbaru dengan Securities and Exchange Commission, Musk masih memegang sekitar 167 juta lembar saham Tesla.

Penjualan saham Musk akan dikenakan pajak capital gain setidaknya senilai 1,4 miliar dolar AS.

Tweet-nya mengikuti proposal oleh Partai Demokrat di Kongres untuk mengenakan pajak lebih besar pada orang super kaya dengan menargetkan saham, yang biasanya hanya dikenakan pajak saat saham-saham tersebut dijual.

Musk adalah orang terkaya di dunia, senilai 294 miliar dolar AS menurut Bloomberg Billionaires Index.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x