Kompas TV internasional kompas dunia

Organisator Penerbangan Emiliano Sala Dipenjara 18 Bulan

Kompas.tv - 13 November 2021, 11:27 WIB
organisator-penerbangan-emiliano-sala-dipenjara-18-bulan
Foto Emiliano Sala dalam brosur pertandingan serta seuntai bunga dalam pengumuman duka Cardiff City pada Februari 2019. (Sumber: Laman resmi Cardiff City)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

CARDIFF, KOMPAS.TV - David Henderson, pebisnis yang mengorganisasi penerbangan Emiliano Sala dihukum penjara 18 bulan di Pengadilan Cardiff, Wales, Jumat (12/11/2021).

Henderson diputus bersalah membahayakan penerbangan pesawat. Sebelumnya, ia juga diputus bersalah telah menerbangkan penumpang tanpa izin valid.

David Henderson mengorganisasi penerbangan pribadi pesawat Piper Malibu pada 21 Januari 2019. Pesawat ini mengalami kecelakaan di Selat Inggris.

Kecelakaan tersebut menewaskan Emiliano Sala. Jasad pesepakbola asal Argentina itu ditemukan pada 7 Februari 2019.

Baca Juga: Puing Pesawat Emiliano Sala Ditemukan di Dasar Laut

Sementara itu, sang pilot David Ibbotson juga dipastikan tewas, tetapi jasadnya tak pernah ditemukan.

Waktu itu, Sala diterbangkan usai merampungkan proses transfer dari klub Ligue 1 Prancis, FC Nantes ke klub Premier League Inggris, Cardiff City.

Sala memecahkan rekor transfer Cardiff City. Publik The Bluebirds menantikannya beraksi dalam musim promosi klub asal Wales tersebut.

Nahasnya, Sala harus mengakhiri karier dalam penerbangan yang diorganisasi Henderson.

Henderson sendiri sedang berlibur ketika mengatur penerbangan ini. Ia meminta Ibbotson menerbangkan pesawat pada malam hari.

Pengadilan kemudian mengetahui bahwa Ibbotson tidak memiliki izin sebagai pilot komersial atau kualfiikasi terbang malam hari. Izinnya untuk menerbangkan pesawat Piper Malibu pun sudah kedaluwarsa.

Baca Juga: Temuan Kursi Pesawat yang Diduga Membawa Emiliano Sala


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x